Jogging Track Desa Ampeldento Berpotensi Jadi Pesaing Kafe Sawah Pujon

Dec 28, 2020 10:43
Areal jogging track Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)
Areal jogging track Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)

MALANGTIMES - Kawasan jogging track yang berada di Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, punya potensi berkembang menjadi spot destinasi wisata baru di Kabupaten Malang. Ke depan, jogging track Ampeldento bisa menyaingi destinasi wisata Kafe Sawah Pujon Kidul. 

 Itu karena kawasan jogging track Ampeldento juga memiliki lahan yang cukup luas dan sebuah kafe yang dapat memanjakan perut serta untuk melepaskan dahaga seusai melakukan olahraga. 

Salah satu pengelola yang memegang peranan penting dalam menyulap lahan TKD (tanah kas desa) Ampeldento yakni Joni Sujatmiko. Dia juga  pemilik NK Cafe di kawasan jogging track itu.



Joni mengatakan kawasan jogging track Ampeldento memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh masyarakat umum dengan gratis. Yakni fasilitas jogging track, persawahan yang ditanami sayuran, kafe, spot foto, lahan paragliding dan lahan mini-soccer yang saat ini sedang dalam pembangunan. 

"Ini semua berdiri di total lahan seluas 3 hektare. Jogging track-nya memiliki panjang 500 meter," ungkapnya usai menerima kunjungan Bupati Malang HM. Sanusi saat meresmikan kawasan jogging track tersebut. 

Sementara ini yang bisa dinikmati masyarakat umum adalah fasilitas jogging track, spot foto dengan lukisan mural dan spot foto di tengah sawah yang telah disediakan pernak-pernik. 
"Untuk mempercantik dan memperindah kawasan ini, saya menghabiskan dana sekitar Rp 5 miliar," ujar Joni. 

Pembangunan mini-soccer juga dikebut. Nantinya Joni menargetkan mini-soccer itu bakal menyaingi mini-soccer yang ada di Araya. 



Bupati Malang HM. Sanusi juga menyarankan pengelola jogging track menambah jenis sayuran impor untuk ditanam di situ.  "Iya Pak Bupati juga menyarankan agar menambah jenis sayuran impor. Dan tadi sudah langsung diteleponkan seorang profesor dari Universitas Brawijaya untuk menyupervisi kita di sini terkait penambahan sayuran impor," kata Joni. 

Sebagai informasi, untuk wisatawan yang sedang berkunjung ke kawasan Kabupaten Malang dengan menggunakan mobil melalui jalan tol, kawasan Jogging Track Desa Ampeldento sangat mudah dijangkau. 

Keluar dari gerbang exit tol Singosari, wisatawan keluar dan jalan lurus terus sekitar delapan kilometer menuju Jalan Raya Kepuharjo. Setelah itu, belok kiri menuju Jalan Balai Desa Kepuharjo hingga melewati Jalan Pangestu Raya sampai menemukan pertigaan pertama. 

Setelah itu, wisatawan dapat berbelok ke kanan menuju Jalan Kasin hingga sekitar 500 meter. Nanti di sebelah kanan jalan bakal terlihat hamparan lahan luas Jogging Track Desa Ampeldento dan NK Cafe yang memiliki parkiran  luas.

Topik
Jogging Track Desa Ampeldento Destinasi Wisata Baru wisata kabupaten malang NK Cafe

Berita Lainnya

Berita

Terbaru