Musik Ska Booming di Gelombang Ketiga

Dec 27, 2020 11:15
Bagus Satrio salah satu pelaku skena musik Ska Malang, sekaligus pemain Trombone Veskaria
Bagus Satrio salah satu pelaku skena musik Ska Malang, sekaligus pemain Trombone Veskaria

MALANGTIMES - Perkembangan skena musik Ska di Kota Malang di pertengahan medio tahun 2010 hingga tahun 2015 seakan mengulang kembali masa kejayaan atau booming-nya. Tak hanya skena musik Ska di Kota Malang bahkan di Indonesia, pada akhir medio tahun 1990-an.

Pada masa ini dapat juga disebut sebagai perkembangan skena musik Ska di Kota Malang gelombang ketiga. Mulai banyak band Ska terbentuk akibat efek booming-nya skena musik Ska di Kota Malang yang sebelumnya juga sudah dipantik oleh para sesepuh skena musik Ska di Kota Malang dengan beberapa even Ska dengan menghadirkan beberapa band Ska legenda Ska Kota Malang maupun luar Kota Malang.

Baca Juga : Kematian Glenn Fredly dan Didi Kempot Duduki Dua Teratas Pencarian Populer

Band-band Ska pun mulai menunjukkan eksistensinya pada tahun 2010 hingga tahun 2017, diantaranya ada Richcrackers, Veskaria, RGB Ska, Skakster, Skarikatur, Rude D'Ska, Alaska, Skallen Modric, Old Firends, Glorious Friends, Skarasa, Baby Monkey, Monkey Rude Ska, One Struggle, Woody Woodpecker, Jerry And The Hotdog, Gravemaskin, Wacky, Chocochips Ska, Monkey Brother, MostCow dan masih banyak lagi band Ska yang selalu menjadi line up di setiap gigs Ska maupun lintas skena musik di Kota Malang.

Salah satu pelaku skena musik Ska di Kota Malang yakni Bagus Satrio yang bermula sebagai gitaris Veskaria namun seiring berjalannya waktu beralih menjadi pemain Trombone dari Veskaria. Bagus mengatakan bahwa pernah dalam satu waktu salah satu akun facebook menyebutkan bahwa Band Ska di Kota Malang mencapai 64 band.

"Sekitar tahun 2013 di akun facebook Ska Indonesia pernah tercatat di Kota Malang ada 64 band ska yang juga salah satu yang terbanyak di Indonesia," ungkapnya kepada pewarta.

Even demi even pun mulai terselenggara kembali setelah dipantik oleh beberapa even di tahun 2009 hingga tahun 2010 oleh para sesepuh. Diantaranya even Danceska For Have Fun oleh Contonk Kampoeng Ska yang diselenggarakan berseri hingga seri keenam. Lalu ada MLG Ska Festival yang juga diselenggarakan berseri dan pada MLG Ska Festival seri kedua ini dilaksanakan selama dua hari di Balai Merdeka Universitas Merdeka Malang.

MLG Ska Festival kemudian di tahun-tahun berikutnya mulai berganti nama gigs, diantaranya ada Waktunya Bersenang-Senang, RLKZ Fest hingga Ska Me Forever. Kemudian banyak juga komunitas-komunitas Ska di Malang yang membuat even gigs, seperti Pasukan Rudeboyz berkolaborasi dengan Frieden Monkey dan Skala Java Family yang membuat gigs bertajuk Janjos seri satu. Ada juga Singosari Ska Family yang membuat gigs bertajuk Kendedes Berdanska seri satu.

Lanjutnya, juga terdapat Veska Squad yang membuat even gigs anniversary Veskaria kedua dengan menghadirkan beberapa band dari luar Kota Malang yakni dari Solo ada The Mobster dan The Skaturnus. Serta dari Blitar ada The O'Skadown dan Skarepereggae di tahun 2012.

"Di acara gigs anniversary kedua di senaputra itu yang datang diluar ekspektasi, mencapai 2 ribu lebih penonton. Sampai panitia kehabisan tiket acara akhirnya mengganti dengan tiket wisata senaputra," terang Bagus yang juga alumnus Seni Musik Universitas Negeri Malang ini.

Di tahun 2012 ini, bertempat di Gedung Jayusman di Jalan Raya Langsep (sekarang sudah rata dengan tanah) Malang juga sebagai tuan rumah Indonesian Tour 2012 dari Band Ska legenda dari New York City yang telah ada sejak tahun 1981 yakni The Toaster. Sampai personel dari Band Ska Jogja sekelas Shaggydog pun hadir langsung ke Malang untuk menyaksikan Band Ska legenda dunia tersebut.

"Sebelum The Toaster melakukan tur ke Indonesia, sebelumnya MLG Ska membuat acara Tribute The Toaster yang juga diikuti oleh banyak band bertempat di De Cikar Cafe," ujarnya.

Berlanjut di tahun 2013, mulai banyak band-band Ska Kota Malang yang bertengger mengisi barisan pamflet pentas seni (pensi) SMP (sekolah menengah pertama) dan SMA (sekolah menengah atas) bahkan juga acara para mahasiswa kerap kali mengundang band Ska untuk meramaikan acaranya.

Baca Juga : Musik Gamelan Eksis di Sela-Sela Kepungan Musik-Musik Modern

Di medio tahun 2013-2017, band-band Ska Malang mulai menunjukkan eksistensinya dengan mengeluarkan mini album dan album. Diantaranya ada Gang Holiday, Richcrackers, One Struggle, Veskaria, Pitskankin, Monkey Rude Ska, RGB Ska, Youngster City Rockers dan Better Jump Kick.

Tak terhenti di situ, Malang menjadi tuan rumah kembali bagi Indonesian Tour 2014 band Ska dari Boston, Amerika yang telah ada sejak tahun 1995 yakni Big D And The Kids Table. Deretan band dari Malang maupun luar Malang pun menjadi pembuka penampilan dari Big D And The Kids Table, diantaranya, Begundal Lowokwaru, Youngster City Rockers, Pride Of Lion (Bali), Heavy Monster (Surabaya), Richcrackers, Jerry And The Hotdog, Gang Holiday dan Banana Steady Beat (Blitar).

Kemudian di tahun yang sama, salah satu band Ska-Punk Kota Malang yakni Youngster City Rockers didapuk sebagai band pendamping Indonesian Tour 2014 oleh The Full Pledge Munkess (Singapore Ska-Punk) dengan menjelajah di beberapa kota besar yakni Bandung, Jakarta, Kudus, Semarang, Yogyakarta, Solo dan Malang.

Memang tak pernah lelah dan menyerah, meskipun di skena musik Ska di Kota Malang medio tahun 2016 hingga tahun 2017 animo penontonnya mulai berkurang, salah satu band Ska-Punk Kota Malang yang menunjukkan eksistensinya di kancah internasional yakni Youngster City Rockers.

Di tahun 2016 Youngster City Rockers melakukan tur ke luar negeri, tepatnya ke Singapura dan Malaysia. Kemudian di tahun 2017, Youngster City Rockers kembali mengharumkan nama Malang Ska di kancah nasional dengan aksinya yang mengguncangkan Radio Show TVOne dan Synchronize Fest 2017.

Perkembangan skena musik Ska Kota Malang pada gelombang ketiga ini benar-benar menjadi ajang pembuktian para pelaku dan musisi Ska Kota Malang di medio tahun 2010-2017 tak pernah lelah untuk terus menyebarkan virus Ska ditengah terpaan zaman.

Topik
Darah Juang Musisi Ska Malang band Ska Malang Ska Malang sejarah ska di malang Bagus Satrio band Veskaria

Berita Lainnya

Berita

Terbaru