Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru, Kapolres Malang Minta Personel Jaga Fisik, Mental, Kesehatan

Dec 21, 2020 12:13
Apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru Tahun 2020 di Lapangan Satya Haprabu Mapolres Malang, Senin (21/12/2020). (Foto: Humas Polres Malang) 
Apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru Tahun 2020 di Lapangan Satya Haprabu Mapolres Malang, Senin (21/12/2020). (Foto: Humas Polres Malang) 

MALANGTIMES - Jajaran Polres Malang bersama aparat gabungan menggelar apel pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021 di Lapangan Satya Haprabu Polres Malang, Senin (21/12/2020). 

Dalam sambutannya, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz terkait pengecekan kesiapan akhir menjelang pengamanan momentum Natal dan tahun baru. 

Menurut Hendri, momentum Natal dan Tahun Baru 2021 berpotensi  timbulnya kerawanan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta pelanggaran penerapan protokol kesehatan. 

Untuk mencegah terjadinya kerawanan kamtibmas serta menjaga protokol kesehatan tetap dijalankan, jajaran Polres Malang bersama berbagai unsur memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat luas agar bersama-sama menciptakan kondusivitas Kabupaten Malang.  "Polri dan Instansi terkait mengadakan Operasi Lilin Semeru 2020 untuk memberikan imbauan secara preventif kepada masyarakat," terangnya. 

Pria kelahiran Solok, Sumatera Barat, ini juga menegaskan bahwa pengamanan menjelang perayaan Natal dan tahun baru tidak boleh dianggap sebuah kegiatan rutin tahunan. Namun seluruh pihak harus lebih peduli untuk menjaga kondusivitas di Kabupaten Malang.  "Pengamanan ini tidak boleh dianggap kegiatan rutin tahunan. Kita harus lebih peduli. Jangan sampai perayaan Natal dan tahun baru menimbulkan cluster baru covid-19," tegasnya. 

Selain itu, Hendri mengatakan, ancaman gangguan kamtibmas seperti tindakan terorisme, peredaran narkoba, dan perusakan fasilitas umum harus diantisipasi dengan memahami karakteristik masing-masing wilayah. 

Sementara itu, Hendri menekankan kepada seluruh jajaran aparat Polres Malang beserta anggota instansi yang terkait pengamanan  Natal dan tahun baru agar menyiapkan mental, fisik, serta menjaga kesehatan tubuh.  "Selain itu, laksanakan deteksi dini terkait isu yang berkembang di masyarakat. Tidak lupa juga lakukan pengamanan secara profesional dan humanis serta lengkapi anggota dengan bodysystem," jelasnya. 

Sebagai informasi, seperti yang sudah diberitakan sebelumnya bahwa pihak Polres Malang beserta anggota instansi terkait akan membuat empat pos pengamanan dan satu pos pelayanan. 

Empat pos pengamanan untuk daerah rawan kamtibmas berada  di simpang empat Karangploso, Taman Wisata Sengkaling, Pasar Kepanjen dan simpang empat Jalur Lingkar Selatan (JLS) Bantur. Sedangkan untuk satu pos pelayanan ditempatkan di exit tol Singosari. 

Selanjutnya, untuk mencegah adanya kerumunan masyarakat yang meryakan tahun baru, pihak satpol PP akan berkoordinasi dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang untuk menutup sementara kawasan Stadion Kanjuruhan agar tidak terjadi kerumunan massa di tengah pandemi covid-19. 

Terakhir, Hendri mengimbau kepada para pelaku indsutri pariwisata agar terus menerapkan protokol kesehatan, membatasi jumlah wisatawan yang berlibur, serta menyiapkan masker yang diperuntukkan bagi wisatawan.

Topik
Polres MalangOperasi Lilin Semeru 2020

Berita Lainnya

Berita

Terbaru