Harapan Baru, Unikama Berubah Nama Jadi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Dec 17, 2020 16:49
Tampilan baru nama Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. (Hendra Saputra)
Tampilan baru nama Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) resmi berubah nama menjadi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Perubahan tersebut di-launching pada Kamis (17/12/2020) di Ruang Abdul Radjab.

Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian MSi menyebut bahwa perubahan nama ini sudah melalui proses panjang dan sesuai ketetapan yang dianjurkan.

Selain itu, perubahan nama tersebut disebabkan aturan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Yakni setiap yayasan yang dinaungi oleh PGRI wajib mencantumkan nama PGRI. Hal ini juga sudah diatur di AD/ART PGRI pusat.

Baca Juga : Kemendikbud Luncurkan Program Baru, Siswa SMK Bisa Lanjut D2 Jalur Cepat

"DNA Unikama sebenarnya PGRI sebelum Unikama adalah IKIP PGRI. Dalam AD/ART pusat, setiap satuan pendidikan di dalam naungan PGRI harus mencantumkan nama PGRI. Apa dasarnya? ketentuan organisasi," ungkap Pieter Sahertian.

Pieter  juga menyebut bahwa identitas sangat penting bagi lembaga pendidikan. Apalagi yang menyangkut nama yayasan di atasnya. 

Namun, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang tetap menggunakan akronim Unikama karena dianggap sudah melekat di hati masyarakat. "Nama memang penting, itu identitas. Dulu kita pernah menggunakan nama IKIP PGRI Malang. Tapi akronim tetap Unikama karena terlanjur familiar oleh masyarakat, baik lokal maupun nasional," kata dia.

Menurut Pieter, sebenarnya Unikama memiliki mahasiswa besar sebelum ada masalah internal. Oleh karena itu, perubahan nama ini diharap mampu mendongkrak performa perguruan tinggi yang berada di Jalan S. Supriadi No 48, Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang, itu.

"Performa ke depan yang lebih penting karena itu identitas. Itu juga sebuah tantangan untuk berprestasi. Intinya memotivasi kami agar ada nilai pembedanya," ucapnya. 
 

 

Topik
Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama)Universitas PGRI Kanjuruhan MalangRektor Unikama Dr Pieter Sahertian MSiPersatuan Guru Republik Indonesia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru