Jelang Libur Akhir Tahun, Hotel di Kota Malang Kebanjiran Event

Dec 15, 2020 10:58
Gelaran event pernikahan di era new normal di salah satu Hotel di Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Gelaran event pernikahan di era new normal di salah satu Hotel di Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Momen libur akhir tahun biasanya menjadi pemicu pundi-pundi keuntungan pengusaha seperti perhotelan untuk meningkatkan pendapatan. Banyaknya wisatawan yang berlibur dan menginap biasanya dimanfaatkan di hari libur Natal dan Tahun Baru.

Tapi, hal itu nampaknya tak begitu berpengaruh di Kota Malang. Mengingat, situasi saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Okupansi perhotelan di Kota Malang tak begitu mengalami lonjakan.

Baca Juga : Keuntungan Apartemen The Kalindra Malang, Dekat Tol hingga Berbagai Akses Transportasi

Meski begitu, pihak perhotelan nampaknya memacu pemasukan melalui hal lainnya. Sebab, jelang libur akhir tahun ini permintaan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) di Kota Malang justru meningkat tajam.

"Kalau okupansi belum full ya, sekitar 35 persen, karena mereka (perhotelan) juga masih melakukan protokol kesehatan. Jadi, misalnya mereka punya kamar 49 hanya separuhnya saja yang digunakan, dikasih selang-seling penggunaannya. Sedangkan MICE-nya sudah jalan dan terjadi peningkatan. Malah wedding itu juga banyak," jelas Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni.

Bahkan, menurut dia permintaan pagelaran event dan kegiatan yang diselenggarakan di perhotelan di Kota Malang hingga akhir Desember 2020 ini telah penuh.

Banyak permintaan event yang dilakukan tak hanya oleh masyarakat Kota Malang saja, melainkan dari luar daerah juga telah melakukan booking acara di berbagai hotel.

"Sampai akhir Desember agak sulit mencari atau nyewa hotel untuk MICE di Malang. Artinya, sudah mulai ada pergerakan," imbuhnya.

Peningkatan ini cukup tinggi, mengingat instansi yang dinaunginya juga cukup kesulitan memilih jadwal ketika akan berkegiatan di perhotelan. Wanita asal pulau Dewata Bali ini mengaku, pihaknya mau tidak mau mengambil hotel yang tersedia tanpa ada pilihan.

Baca Juga : Harbolnas Tiba! Jangan Sampai Lewatkan TAUZIA Flash Sale 12.12 dari TAUZIA Hotels

"MICE ini memang lumayan, jadi hampir semua bahkan kami saja mengadakan kegiatan itu ndak bisa kita memilih hari. Karena sudah dipakai untuk wedding, dan lainnya itu," tandasnya.

Dengan peningkatan perekonomian ini, pihaknya tetap mengimbau perhotelan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Mengingat, kondisi saat ini di Kota Malang cukup mengalami lonjakan kasus yang tinggi.

"Kami tetap mengimbau masyarakat dan pihak perhotelan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai menggunakan masker, mencuci tangan hingga menjaga jarak," pungkasnya.

Topik
Libur Akhir Tahun Hotel di Kota Malang Natal dan Tahun Baru

Berita Lainnya

Berita

Terbaru