Rekapitulasi Sementara KPU, Paslon LaDub Ungguli Paslon SanDi di Dapil 2

Dec 11, 2020 07:14
Masing-masing Paslon saat bertarung gagasan dan program kerja dalam agenda debat publik tahapan Pilkada Kabupaten Malang 2020. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 
Masing-masing Paslon saat bertarung gagasan dan program kerja dalam agenda debat publik tahapan Pilkada Kabupaten Malang 2020. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 

MALANGTIMES - Rekapitulasi perolehan suara sementara yang dilakukan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Malang melalui aplikasi Si Rekap (Sistem Rekapitulasi) yang terus berjalan. 

Berdasarkan pantauan media online ini, keunggulan terjadi bagi Paslon nomor urut dua yakni Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) yang berhasil mengungguli Paslon nomor urut satu yakni Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi) dan Paslon nomor urut tiga yakni Heri Cahyono-Gunadi Handoko (HC-GH) di daerah pemilihan (dapil) dua. 

Baca Juga : Sampah “Medis” yang Dikenakan Petugas KPPS di Kabupaten Malang, Masih Menumpuk di PPK

Dapil dua sendiri meliputi empat kecamatan, yakni Kecamatan Turen, Kecamatan Ampelgading, Kecamatan Dampit dan Kecamatan Tirtoyudo. Dari empat kecamatan yang ada, Paslon LaDub berhasil unggul dari dua paslon lainnya di tiga kecamatan. 

Dalam website KPU yakni Pilkada2020.kou.go.id pada hari Jumat (11/12/2020), terpantau rekapitulasi perolehan suara sementara di Kecamatan Turen yang memiliki 17 desa hingga update data pukul 06.12 telah masuk 65,75 persen atau 144 dari 219 TPS (Tempat Pemungutan Suara). 

Dari hasil tersebut, Paslon LaDub berhasil unggul dengan perolehan suara sementara sebesar 15.384 suara atau sama dengan 45,7 persen. Sementara Paslon SanDi berada di posisi kedua dengan perolehan suara sementara sebesar 14.762 suara atau sama dengan 43,9 persen. Sedangkan Paslon HC-GH memperoleh suara sementara sebesar 3.484 suara atau sama dengan 10,4 persen. 

Untuk di Kecamatan Ampelgading yang memiliki 13 desa, rekapitulasi perolehan suara sementara yang telah masuk sebesar 29,57 persen atau 34 dari 115 TPS yang ada di Kecamatan Ampelgading. 

Meskipun rekapitulasi suara sementara masih dibawah 50 persen, Paslon LaDub kembali unggul dengan perolehan suara sementara sebesar 3.707 suara atau sama dengan 48,9 persen. 

Sementara untuk Paslon SanDi mendapatkan perolehan suara sementara 3.255 suara atau sama dengan 42,9 persen. Sedangkan untuk Paslon HC-GH mendapatkan perolehan suara sementara sebesar 619 suara atau sama dengan 8,2 persen. 

Selain itu, di Kecamatan Tirtoyudo yang memiliki 13 desa, rekapitulasi perolehan suara sementara telah mencapai 52,27 persen atau data yang masuk masih 69 dari 132 TPS yang ada. 

Dari rekapitulasi perolehan suara sementara tersebut, Paslon LaDub kembali unggul dari kedua Paslon lainnya. Yakni dengan memperoleh suara sebesar 7.543 suara atau sama dengan 43,6 persen. 

Kemudian disusul di posisi kedua ada Paslon SanDi yang memperoleh suara sebesar 7.290 suara atau sama dengan 42,1 persen. Sedangkan Paslon HC-GH memperoleh suara sebesar 2.486 suara atau sama dengan 14,4 persen. 

Baca Juga : 2054 TPS Telah Direkapitulasi, Persentase Suara Stabil, SanDi 45%, LaDub 42%, HC-GH 12%

Sementara itu di Kecamatan Dampit yang memiliki 12 desa ini data rekapitulasi perolehan suara sementara yang telah masuk sebanyak 67,36 persen atau setara dengan 163 dari 242 TPS yang ada. 

Di Kecamatan Dampit, untuk sementara ini Paslon SanDi mulai menempati posisi pertama dengan perolehan suara sementara sebesar 18.300 suara atau sama dengan 47,5 persen. 

Sementara Paslon LaDub di posisi kedua dengan perolehan suara sebesar 16.896 suara atau sama dengan 43,8 persen. Sedangkan untuk Paslon HC-GH menempati urutan ketiga dengan perolehan suara sementara sebesar 3.340 suara atau sama dengan 8,7 persen. 

Menanggapi persaingan ketat di dapil dua ini, Juru Bicara Media Center Tim Pemenangan Paslon LaDub, Anas Muttaqin mengungkapkan bahwa dinyatakan unggul sementara, pihaknya tidak ingin sesumbar dan akan terus menunggu hasil final rekapitulasi yang diumumkan resmi oleh KPU Kabupaten Malang. 

"Kita masih menunggu pengumuman resmi dari KPU. Kita tidak mau larut dalam hasil keunggulan sementara yang suara masuk masih di angka 45,15 persen," ungkapnya kepada pewarta. 

Sementara itu, Ketua Tim Kampanye Malang Makmur sebagai pengusung Paslon SanDi yakni Darmadi mengatakan bahwa pihaknya saat ini hingga sampai rekapitulasi final dan pengumuman resmi oleh KPU Kabupaten Malang akan unggul dari kedua paslon lainnya. 

"Kita tetap yakin Paslon SanDi masih unggul dari kedua Paslon lainnya sampai rekapitulasi final," tandasnya.

Topik
berita kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru