Jelang Libur Akhir Tahun Stok Kebutuhan Pokok di Kota Malang Dipastikan Aman

Dec 10, 2020 16:04
Suasana peninjauan sejumlah komoditas kebutuhan pokok di Pasar Rakyat Kota Malang, Kamis (10/12). (Foto: Istimewa).
Suasana peninjauan sejumlah komoditas kebutuhan pokok di Pasar Rakyat Kota Malang, Kamis (10/12). (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Warga Kota Malang rasanya tidak perlu khawatir menghadapi masa libur Natal dan Tahun Baru 2021 mendatang. Pasalnya, jelang libur akhir tahun ini pasokan kebutuhan pokok makanan di Kota Malang dipastikan aman.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang Wahyu Setianto. Dirinya menyampaikan, kebutuhan pokok dan stabilitas harga masih terus diupayakan agar tetap stabil hingga libur akhir tahun nanti.

Baca Juga : Apartemen The Kalindra Jadi Primadona Investasi Prospektif di Malang

Beberapa upaya untuk menstabilkan harga dan stok kebutuhan pokok masyarakat Kota Malang, lanjut Wahyu, sudah mulai dilakukan. Baik pemantauan harga dengan berkoordinasi bersama stakeholder lainnya di area pasar rakyat maupun tempat jual beli lainnya.

"Kami akan tetap memantau harga dan terus berkoordinasi dengan jajaran samping. Termasuk, tim Satgas Pangan dari Polresta Malang Kota yang siap memproses jika ada kemungkinan kecurangan," katanya, saat memantau kebutuhan dan harga bahan pokok di salah satu pasar rakyat Kota Malang, Kamis (10/12/2020).

Wahyu melanjutkan, upaya lain yang juga akan dilakukan guna memaksimalkan kestabilan harga yakni dengan memastikan kantong-kantong (distributor) yang selama ini memasok bahan pokok. Dalam hal ini keterkaitan dengan jumlah ketersediaan pasokan yang biasanya menjadi pemicu kenaikan harga.

"Kami akan mengecek apa kesulitan mereka. Misalnya, faktor cuaca atau ketersediaan pakan yang membuat harga sejumlah komoditas cenderung tinggi," imbuhnya.

Sebab, tak dapat dipungkiri beberapa komoditi bahan pokok dalam sepekan terakhir dinilai mengalami kenaikan. Namun ia memastikan hal itu sejauh ini tidak mengurangi daya beli masyarakat.

"Nanti akan kami pantau terus seperti itu. Daya beli masyarakat tetap, karena ini kan kebutuhan sehari-hari," tandasnya.

Baca Juga : Serbu Promo Gila-gilaan Perumahan Taman Tirta Karangploso Sekarang!

Pernyataan Wahyu terkait amannya stok kebutuhan pokok masyarakat Kota Malang, dipertegas oleh Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata. Di mana, orang nomor satu di kepolisian Kota Malang ini menegaska, ketersediaan kebutuhan pokok dan harga dipastikan aman dan masih relatif stabil.

Meski, sejumlah komoditi memang mengalami kenaikan harga cukup drastis. Seperti cabai merah yang mengalami kenaikan harga dari yang semula Rp 30 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilogram, kemudian tomat dari yang semula Rp 10 ribu menjadi Rp 20 ribu per kilogram.

"Berdasarkan pengecekan yang kami lakukan di dua pasar, ketersediaan stok aman dan harga relatif stabil. Akan tetapi kami dan Diskopindag akan terus melakukan pemantauan harga. Sebab, hingga akhir tahun ini harganya terus naik. Kami menjamin agar harga tidak naik dan stoknya cukup," ucapnya.

 

Topik
stok sembako kota malangharga sembako kota malangDiskopindag Kota MalangKapolres Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru