Tahun 2021-2025, Toyota Klaim Siapkan 10 Jenis Mobil Listrik untuk Indonesia

Dec 10, 2020 12:59
Toyota (Foto: Superfast)
Toyota (Foto: Superfast)

MALANGTIMES - Pabrikan mobil Toyota mengklaim telah mempersiapkan 10 jenis kendaraan listrik dalam lima tahun ke depan di Indonesia.  

Hal ini disampaikan delegasi Toyota dalam pertemuan virtual bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pada Selasa (8/12/2020) lalu. Delegasi Toyota dipimpin oleh Asia Region CEO Toyota Motor Corporation Yoichi Miyazaki yang mewakili President Toyota Motor Corporation Akio Toyoda.  

Baca Juga : Honda PCX 160 Resmi Rilis, Mesin Lebih Powerfull dengan Bekal Fitur Istimewa

Melalui keterangan resmi, Toyota sudah merencanakan pengembangan dan produksi kendaraan listrik di Indonesia hingga 2025.

"Toyota berkomitmen penuh untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mengurangi emisi, dan juga mengurangi impor minyak bagi kendaraan bermotor. Setidaknya, dalam 5 tahun ke depan, Toyota sudah menyiapkan 10 jenis kendaraan listrik bagi konsumen Indonesia," kata Miyazaki.

Diketahui sampai saat ini Toyota sudah memiliki empat kendaraan listrik yakni hybrid yang dijual di Indonesia seperti Corolla Cross, Corolla Altis, C-HR, dan Camry.  

Untuk rencana ini, Toyota disebut telah menyiapkan dana senilai US$2 miliar (Rp28,2 triliun).

"Dalam rencana pengembangan bisnis kami, Toyota mempersiapkan Indonesia menjadi hub ekspor bagi produk Toyota/ Tidak hanya untuk kawasan ASEAN namun juga negara tujuan lainnya. Sehingga kami benar-benar mempersiapkan rantai pasok dan sumber daya manusia," tambah Miyazaki.  

Baca Juga : Toyota Pamer Calon Mobil Listrik SUV 5 Penumpang, Begini Penampakannya

Ditambahkan Airlangga, jika produk kendaraan listrik ini bukan hanya untuk pasar domestik tetapi juga ekspor, salah satunya Australia. Diakuinya, pemerintah menyambut baik rencana dari Toyota ini.  

"Pemerintah menyambut baik rencana investasi yang akan dilakukan oleh Toyota, dengan harapan dapat membuka lapangan kerja dan juga meningkatkan skill atau keahlian angkatan kerja Indonesia," kata Airlangga.

 

Topik
mobil listrik toyotatoyota motor corporationberita otomotifMobil listrik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru