DWP UIN Malang Dapat Kunjungan Istimewa dari DWP Pusat Kemenag

Dec 08, 2020 09:25
Hj Farichah SPdI, seorang publik figur di lingkungan DWP Pusat Kemenag RI yang juga istri dari Prof Dr H Nizar Ali MAg, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia. (Foto: Humas)
Hj Farichah SPdI, seorang publik figur di lingkungan DWP Pusat Kemenag RI yang juga istri dari Prof Dr H Nizar Ali MAg, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Focus Group Dusscussion (FGD) yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) belum lama ini terasa istimewa. Sebab FGD bertema "Meningkatkan Potensi Perempuan Dalam Mencapai Visi Misi Kementerian Agama" tersebut mendapat kunjungan istimewa dari DWP Pusat Kementerian Agama.

Tamu yang hadir adalah Hj Farichah SPdI, seorang publik figur di lingkungan DWP Pusat Kemenag RI. Farichah juga merupakan istri dari Prof Dr H Nizar Ali MAg, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia.

Baca Juga : Sejumlah Persyaratan Civitas Academica untuk Lakukan Kegiatan di Kampus

Kedatangan orang nomer wahid dari DWP Pusat Kemenag RI itu disambut hangat oleh ketua DWP UIN Maliki Malang, Dra Hj Rif'atul Choiriyah beserta para pengurus di ruang rektor.

Dalam kesempatan tersebut, Farichah mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para pengurus DWP UIN Malang. Ia tersanjung atas segala bentuk perhatian dalam menyambut kedatangannya. 

Memulai materi bahasan saat FGD, Farichah lebih detail menjelaskan tentang bagaimana upaya warga DWP menghidupkan peranan dari organisasi yang semuanya beranggota ibu-ibu atau istri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di instansi manapun milik negara Republik Indonesia, tak terkecuali di instansi Pendidikan Tinggi berstatus Negeri.

Menurutnya, pondasi utama dari berdiri sampai tumbuh kembangnya keberadaan organisasi wanita (DWP) yakni adanya komitmen.

"Jadi ibu-ibu sekalian, jika kita ingin organisasi DWP kita ini sukses maka modal utamanya harus ada komitmen!" tegasnya.

Komitmen dalam hal ini, masih kata Farichah yakni komitmen yang bisa menyadarkan diri kepada para anggota untuk menyakini bahwa DWP bisa mandiri apa pun situasi dan kondisinya, aktif menjalankan peranannya, dan bertanggung jawab. Terakhir, mampu bekerja sesuai dengan lima budaya kerja di Kemenag, antara lain: 1) integritas, 2) profesionalitas, 3) inovatif, 4) tanggung jawab, dan 5) keteladanan.

Farichah menganalogikan bahwa semisal komitmen para pengurus DWP sudah benar-benar ada kemudian ditambah dengan adanya penerapan lima budaya kerja Kemenag, maka insya Allah kesuksesan bisa tercapai dan itu secara tidak langsung bersinergi dengan tujuan Kemenag RI.

Baca Juga : UB Masih Pikir Panjang Adakan Pembelajaran Tatap Muka

"Mari kita syukuri, menjadi pengurus DWP berarti berstatus sebagai istri dari pejabat ASN, itu adalah nikmat namun sekaligus juga amanah. Cara mensyukurinya yaitu dengan kita para pengurus DWP melakukan tugas dengan lebih baik dan semakin hari tambah baik", tuturnya.

Capaian dari suksesnya DWP itu yang paling sederhana seperti tujuannya yang tertulis di syair Mars DWP yakni:

Tercapailah harapan kita,

sejahteralah anggota dan keluarganya.

"Semoga DWP UIN Maliki Malang di sini bisa sukses, mensejahterakan anggota dan keluarganya, serta bermanfaat bagi lingkungan masyarakat di sekitarnya", harapnya seraya diamini oleh para pengurus DWP yang hadir. 

Topik
DWP UIN MalangDharma Wanita PersatuanUIN Maliki Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru