Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Wewangian atau parfum tentu menjadi bagian terpenting bagi penampilan keseharian. Dalam berbagai kegiatan, wewangian tak pernah dilupakan. Karena bau yang harum tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Dalam berbagai catatan sejarah dan juga hadits, disebutkan jika Rasulullah SAW juga sangat menyukai bau wewangian. Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan untuk tidak menolak pemberian parfum. Karena parfum memiliki bau yang segar dan sangat ringan dibawa.

Baca Juga : Terkait Keberadaan Alien, Begini Penjelasan Dalam Al-Qur'an

Rasulullah SAW pun bersabda, "Barangsiapa ditawari minyak wangi janganlah menolak, karena minyak wangi itu enak aromanya dan ringan membawanya," (HR Abu Dawud).

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian yang diunggah pada channel YouTube Khalid Basalamah Official menyampaikan, Ibnu Qayyim mengatakan jika wangi-wangian yang memiliki khasiat sangat disukai malaikat dan dibenci setan. Bau wangi merupakan makanan ruh dan ruh sendiri adalah pusat stamina.

"Maka stamina juga meningkat karena wewangian," kata Ustadz Khalid.

Wewangian ini meningkatkan stamina dan sangat disukai Rasulullah SAW. Manusia juga telah dikaruniai rasa gerah ketika tidak mandi. Namun setelah mandi akan merasakan kesegaran, dan itu adalah fitrah yang dibawa.

Wewangian menurut Ustadz Khalid juga akan mampu meningkatkan rasa kepercayaan diri. Kepercayaan diri yang meningkat itu akan berpengaruh pada ketentraman jiwa. Karena akan memudahkan untuk berinteraksi dan secara otomatis akan berpengaruh pada kegembiraan dan menambah stamina.

"Orang sakit dianjurkan mendapatkan berita gembira. Sehingga, selama ini dokter juga senantiasa menyampaikan kabar gembira kepada semua pasiennya. Karena kegembiraan itu menjadi salah satu kuncinya," jelasnya.

Baca Juga : Kisah Raja Muslim yang Nikahkan Anaknya dengan Cucu Penjual Susu

Sementara itu, dalam beberapa riwayat dijelaskan jika Rasulullah SAW senantiasa membawa wewangian saat bepergian kemanapun. Dijelaskan jika wewangian menjadi hal yang sangat disukai Rasulullah SAW. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Tiga perkara dunia yang aku sukai adalah perempuan, wewangian dan dijadikannya shalat sebagai penyejuk hatiku," (HR Imam Ahmad).

Dalam beberapa riwayat  juga dijelaskan jika parfum yang dipilih oleh Rasulullah SAW adalah misk. Dalam Al-Jami’, karya Imam Tirmidzi dan beberapa imam lainnya disebutkan sebuah hadits dari Abu Said Al Khudri. Ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Parfum terbaik adalah misk,".

Dijelaskan pula jika wewangian untuk laki-laki dan perempuan berbeda. Wewangian untuk laki-laki cenderung berbau dan tak berwarna. Sebaliknya, wewangian perempuan berwarna dan tak berbau kuat. Namun saat berada di rumah dengan suami, dianjurkan seorang muslimah memakai wewangian yang segar.