Peninjauan kesiapan RS Lapangan Malang (Istimewa).
Peninjauan kesiapan RS Lapangan Malang (Istimewa).

MALANGTIMES - Ruang isolasi di beberapa rumah sakit rujukan di Kota Malang penuh. Membludaknya jumlah pasien itupun kemudian membuat rencana pembangunan Rumah Sakit (RS) Lapangan yang sempat tertunda beberapa saat lalu kembali dimulai.

Hari ini, Selasa (1/12/2020), Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono meninjau langsung area Polkesma Malang yang akan dijadikan sebagai lokasi Rumah Sakit Lapangan. Pembangunan RS Lapangan itupun ditargetkan rampung dalam 10 Hari ke depan.

Baca Juga : Jelang Akhir 2020, Disnaker-PMPTSP Kota Malang Catat Pengaduan Bangunan Paling Dominan

 

Heru menjelaskan, tinjau lapangan tersebut dilakukan sesuai instruksi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Kesiapan sarana dan prasarana juga dicek kembali dan harus direnovasi secepat mungkin. RS Lapangan itu sendiri nantinya dapat menampung sekitar 360 pasien yang terindikasi covid-19.

"Apa-apa saja yang perlu dibenahi atau renovasi langsung diinventarisir," katanya.

Lebih jauh Heru menjelaskan jika beberapa ruangan di asrama Polkesma akan direnovasi menjadi ruangan kamar perawatan. Selain itu setiap sisi akan didesain dengan ornamen-ornamen khas untuk membuat pasien nyaman. Sehingga, upaya menyembuhkan pasien juga bisa lebih dimaksimalkan lagi.

Beberapa ornamen yang dimaksud di antaranya seperti pekarangan bunga hingga fasilitas kafetaria. "Karena semangatnya tempat ini untuk menyembuhkan. Agar pasien ini semangat dan cepat sembuh," tegas Heru.

Baca Juga : The Relay Run 1.260 Tercatat di MURI, Pemkab Malang Buka Opsi Ajang Bersepeda di 2021

 

Dia juga menegaskan jika pembenahan asrama untuk RS Lapangan tersebut dimulai pada hari ini, Senin (1/12/2020) dan akan ditinjau Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada akhir pekan depan. Selanjutnya RS Lapangan bisa langsung dioperasikan.

"Renovasi harus selesai dalam waktu 10 hari," pungkasnya.