Ini Kronologi Letupan Lava Pijar Semeru Dari BPBD Lumajang

Dec 01, 2020 10:41
Lava pijar Semeru tadi malam (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Lava pijar Semeru tadi malam (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

MALANGTIMES - Letupan lava pijar dan debu vulkanik Gunung Semeru memang menyebabkan terjadinya pengungsian terutama bagi warga yang berada di sekitar Curah Kobo'an desa Supit Urang Kecamatan Pronojiwo Lumajang.

Guguran lava panas, dan debu vulkanik mulai menggaggu aktvitas warga, sampai kemudian ada sebagian yang mengungsi. Kabar terakhir menyebutkan, saat ini guguran lava pijar dan debu vulkanik mulai mereda, dan sebagian warga yang semula mengungsi, sebagian ada yang kembali ke rumah, namun tetap dalam kondisi waspda

Baca Juga : Ikutan Giveaway Tsunami 1.260, Dapat Voucher Inez Cosmetics Diskon 25% All Item!

 

Berikut Kronologi aktivitas Gunung Semeru yang direalese oleh BPBD Lumajang berdasarkan data dari Pos Pengamatan Gunung Sawur Candipuro Lumajang.

Pada hari Selasa tanggal 01 Desember 2020 pukul 01.23 WIB Bertempat di Pos KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Semeru  Gunung Sawur,  diketahui telah terjadi dan teramati awan panas guguran dengan jarak luncur 2.000 meter kearah Besuk Kobo'an.

Aktivitas Semeru terpantau sejak pukul 23.30 Visual CCTV Semeru (3.676 MDPL ) teramati dengan sangat jelas.

Pukul 23.35 Visual malam gunung jelas teramati adanya guguran lava pijar dari ujung lidah lava sejauh 1.000 Meter ke arah Besuk Koboan, ujung lidah lava diperkirakan 500 Meter dari puncak Semeru

Pukul 01.23 telah terjadi dan teramati awan panas guguran jarak luncur 2.000 Meter ke arah Besuk Koboan. Seismograf juga merekam gerakan gempa vulkanik kecil.

Pukul 02.00 teramati awan panas guguran jarak luncur semakin jauh, yani 3.000 Meter kearah Besuk Koboan.

Pukul 03.00 melalui pengamatan di Gunun Sawur terpantau terjadi hujan bercampur abu awan panas. Pada pukul 03.00 terjadi hujan sedangkan potensi awan panas masih cukup tinggi.

Disaat yang bersamaan alat deteksi di pos Gunung Sawur terkena sambaran petir.

Baca Juga : Imbas Hujan Deras Sehari Lalu, Plengsengan di Muharto Gang 5 Longsor

 

Pukul 03.30 WIB,  anggota TRC PB dari BPBD Lumajang menuju lokasi Kawasan Rawan Bencana I.

Pukul 03.45 awan panas guguran masih berlangsung dan masyarakat di Kawasan Rawan Bencana ( KRB) Kamar A, Curah Koboan dan Rowobaung wilayah Kecamatan Pronojiwo sudah mulai keluar rumah menuju jalan utama maupun pos pengungsian untuk evakuasi mandiri menghindari bencana awan panas dan letusan yang masih terjadi.

Pukul 04.40 TRC PB Kabupaten Lumajang memberangkatkan 1 tim dengan membawa terpal, matras, masker, paket lauk pauk, tambahan gizi, selimut,  air mineral dan obat-obatan.

Pukul 05.40 WIB,  awan panas guguran sudah sampai Besuk Kobokan, kondisi cuaca mendung dan awan hujan abu masih berlangsung.

Masyarakat Dusun Curah Koboan Desa Supiturang dan Rowobaung Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Pronojiwo dan Dusun Kajar Kuning Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro diharapkan segera keluar rumah karena potensi lahar panas terjadi apabila turun hujan.

Topik
Gunung SemeruSemeru Semburkan Awan panasKabupaten LumajangBPBD LumajangBerita Lumajang hari Ini

Berita Lainnya

Berita

Terbaru