Polresta Malang Kota Disidak Tim Evaluator Kemenpan RB, Kenapa?

Nov 30, 2020 17:31
Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata saat mendampingi Tim Kemenpan RB melakukan penilaian (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata saat mendampingi Tim Kemenpan RB melakukan penilaian (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Polresta Malang Kota, Senin (30/11/2020) didatangi oleh dua orang yang merupakan tim Evaluator Zona Integritas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Dua orang tersebut, tiba di Polresta Malang Kota langsung mengecek seluruh ruangan. Mulai dari ruangan pimpinan hingga ruangan unit Satreskrim, unit Satreskoba dan ruangan personel lainnya.

Baca Juga : Di Tengah Polemik Swab Test, Rizieq Shihab Malah "Kabur" dari RS, Ini Kata Polisi

Selain itu, seluruh pelayanan yang ada di Mako Polresta Malang Kota, mulai dari Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), layanan SKCK juga turut dilakukan pengecekan.

Bukan hanya itu, seluruh armada kendaraan yang dimiliki instansi berseragam cokelat tersebut, juga nampak terparkir rapi di halaman Polresta. Kendaraan tersebut satu persatu dicek oleh tim Kemenpan-RB.

Bahkan hingga ruang tahanan milik Polresta Malang Kota, juga tak luput dari pengecekan dua orang tim Evaluator Zona Integritas Kemenpan RB.

Firmansyah anggota Tim Evaluator Zona Integritas Kemenpan RB, menjelaskan, jika memang kegiatan ini merupakan verifikasi lapangan dalam rangka penilaian untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). 

Sebelumnya pada 2018, Polresta Malang Kota telah mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

"Ini merupakan verifikasi lapangan, setelah sebelumnya melalui melalui desk evaluasi. Nah sekarang verifikasi lapangan untuk memastikan kondisi dan kebenaran informasi yang sebelumnya disampaikan melalui desk evaluasi memang benar adanya," bebernya.

Dari hasil pantauannya selama kurang lebih dua jam lamanya, disampaikan tim Evaluator Kemenpan RB, jika hasil pantauan secara keseluruhan, baik dari pelayanan sudah informatif dan juga transparan.

"Intinya sudah bagus, apalagi aplikasi Jogo Malang, saya rasa ini sangat bermanfaat. Namun mungkin ke depannya harus lebih banyak lagi disosialisasikan. Masyarakat memang banyak yang menggunakan layanan Polresta Malang Kota, tapi harus tetap terus disosialisasikan. Ini bagus dan sudah terintegrasi pelayanan," bebernya.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata, membenarkan, jika memang saat ini kedatangan dari tim penilai akhir Kemenpan RB, untuk melakukan penilaian akhir.

Baca Juga : Ikut Tersandung Kasus Habib Rizieq, Dirut RS UMMI Dilaporkan ke Polisi dan Lembaga Terancam Ditutup

"Tim menilai apa yang telah kami paparkan dua minggu sebelumnya, tentang terobosan-terobosan, baik dari sisi IT maupun non IT. Selain itu juga melihat seluruh ruangan-ruangan dan juga sarana prasarana lainnya yang dimiliki Polresta Malang Kota. Alhamdulillah hasilnya cukup baik," bebernya.

Setelah ini, hasil penilaian kemudian akan dirapatkan dan kemudian hasilnya ditunggu apakah bisa meraih WBBM yang akan diumumkan antara tanggal 9-10 Desember.

"Kami harapkan kami meraih WBBM. Kami sendiri akan menindaklanjuti dan mengencarkan untuk sosialisasi lagi, sesuai saran dan masukan dari Kemenpan RB," pungkasnya.

 

 

 

Topik
Polresta Malangkemenpar rb riberita kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru