Yamaha Bagikan 3 Tips Berkendara Motor Tetap Aman di Musim Hujan

Nov 29, 2020 14:02
Ilustrasi (Foto: Motorcycle Legal Foundation)
Ilustrasi (Foto: Motorcycle Legal Foundation)

MALANGTIMES - Menjelang akhir tahun 2020, musim hujan di Indonesia kini sudah mulai datang. Bahkan, di beberapa daerah telah mengalami banjir dan bencana tanah longsor akibat hujan deras.  

Di sisi lain, kita masih harus melakukan aktivitas di luar dengan menggunakan kendaraan, salah satunya motor. Biasanya di musim hujan ini sangat berbahaya saat mengemudikan kendaraan.  

Baca Juga : Nissan X-Terra Resmi Meluncur, Diklaim Saingi Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Biasanya, kondisi jalanan licin dan tergenang air hujan. Kondisi ini tentunya berbeda saat musim panas tiba.  

Nah, untuk itu Yamaha membagikan tips untuk pengendara motor agar tetap aman di musim hujan.  

Yamaha Riding Academy (YRA) mengingatkan para pengguna sepeda motor agar tetap waspada dan berhati-hati di jalan raya. Mereka tentunya harus menjalankan teknik keselamatan berkendara (safety riding) yang tepat serta tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Tips berkendara dari YRA ini menyangkut pengendara, kendaraan, dan lingkungan/cuaca.

”Yamaha Riding Academy memiliki tips yang dapat digunakan oleh bikers kala memacu sepeda motor di tengah kondisi hujan. Safety riding sangat penting dijalankan,” kata Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro.

Lantas apa saja tips dari Yamaha tersebut, berikut rangkumannya:

1. Pengendara

Pengendara tentunya harus mempersiapkan jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan dengan model setelan (atasan dan bawahan). Jas hujan ini lebih aman karena tidak ada bagian yang berkibar.

Lalu gunakan helm dengan visor bening karena saat musim hujan visor helm bisa berkabut sehingga mengganggu fokus penglihatan pengendara motor.

Pengemudi motor disarankan menggunakan sepatu antiair/karet dan tidak disarankan menggunakan sandal.

Hindari pengereman mendadak dan keras karena saat hujan cengkeraman ban ke jalan berkurang. Kemudian jaga jarak aman dengan kendaraan sekitar.  

Pengemudi motor juga disarankan menggunakan perlengkapan berkendara terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain.

2. Kendaraan

Baca Juga : Lexus Resmi Luncurkan Mobil Listrik UX 300e di Indonesia, Harganya Rp 1 M Lebih

Ban motor harus dalam kondisi baik (tidak gundul) pada musim hujan, dan memiliki tekanan angin standar agar tidak mudah selip.

Area penting tidak terbuka (saringan udara, CVT area) supaya motor tidak mudah mogok atau rusak. Pastikan pula kondisi rem baik atau pakem.

Semua lampu harus dalam keadaan baik (lampu depan, sein, rem, senja) agar mudah terlihat oleh pengendara lain saat hujan.  

3. Lingkungan/Cuaca

Yamaha meminta pengemudi motor mengenali kondisi jalan agar terhindar dari bahaya. Jika hujan lebat dan mengganggu jarak pandang, sebaiknya menepi di jalur  aman dan tetap mematuhi rambu-rambu yang ada.

Jika kondisi sudah gerimis sebaiknya pengemudi menggunakan jas hujan, jangan menunggu hujan deras.

Selain itu Yamaha juga mengingatkan pengendara motor agar jangan mendadak jika menepi untuk menggunakan jas hujan agar tak tertabrak kendaraan dari belakang.

Jika ada genangan air yang cukup tinggi disarankan tidak memaksa untuk melewati atau menerobos, karena akan mengganggu kinerja mesin motor.

Topik
berita otomotif

Berita Lainnya

Berita

Terbaru