Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo saat bersalaman dengan Kapolres lama AKBP Harviadhi Agung Prathama di halaman Mapolres Batu, Sabtu (28/11/2020).
Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo saat bersalaman dengan Kapolres lama AKBP Harviadhi Agung Prathama di halaman Mapolres Batu, Sabtu (28/11/2020).

MALANGTIMES - Selama satu tahun dua bulan lamanya Polres Batu di bawah kendali AKBP Harviadhi Agung Prathama. Kini ada serah terima jabatan (sertijab) kepada AKBP Catur Cahyono Wibowo yang dilaksanakan di halaman Mapolres Batu, Sabtu (28/11/2020).

Suasana haru dan gembira pun hadir di tengah-tengah sertijab tersebut. Tentunya ada rasa kehilangan ditinggalkan sosok AKBP Harviadhi Agung Prathama. Namun rasa gembira juga hadir dengan kedatangan kapolres baru.

Baca Juga : Polres Malang Gelar Simulasi Pam Pilkada, Protokol Kesehatan Jadi Pembeda

Sebelumnya, Catur menjabat sebagai kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim. Sedangkan Harvi (panggilan AKBP Harviadhi) saat ini menduduki jabatan baru sebagai kapolres Nganjuk.

Jabatan baru yang diemban Catur itu, beragam tugas kini telah menanti. Mulai pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada)  Kabupaten Malang khususnya di wilayah Malang Barat (Kecamatan Pujon, Ngantang, dan Kasembon) hingga menjaga kondusivitas di Kota Wisata Batu.

“Pertama masalah pilkada, kami backup Kabupaten Malang yang masuk wilayah Polres Batu tiga tempat, yaitu Kasembon, Ngantang, Pujon. Yang pasti petunjuk dari pimpinan aman dan anggota netral,” ucapnya usai sertijab di Polres Batu. 

Kemudian tugas keduanya adalah melakuakn penanganan covid-19 agar angka penyebaran dan penularan menurun di Kota Batu. “Kedua penanganan covid-19. Kita tahu semuanya pandemi di seluruh dunia. Yang jadi atensi adalah protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan dan dijaga sehingga tidak ada penyebaran penularan, dan dapat turun,” tambah Catur. 

Tugas ketiganya adalah pengamanan Natal dan tahun baru. Mengingat Kota Batu sebagai kota wisata, masalah kemacetan pada momen Natal dan tahun baru menjadi salah satu upaya ke depan bisa terpecahkan. 

“Ketiga, ke depan pengamanan Natal dan tahun baru. Ditambah dengan adanya pandemi, sehingga harus melaksanakan supaya yang datang ke Kota Batu bisa menerapkan  protokol kesehatan,” ucap Catur.

Baca Juga : Foto-foto Peserta Giveaway Tsunami 1.260 Kabupaten Malang, Ada Karikatur Lucu Pantai Balekambang

Sementara itu, selama 1 tahun 2 bulan menjalankan tugas di Kota Batu, Harvi menilai sebagai hal yang luar biasa. Apalagi Kota Batu menjadi pengalaman pertama dirinya menjadi seorang kapolres.

Harvi  berharap penggantinya  bisa mengemban tugas dengan maksimal di Kota Batu. “Di Kota Batu, saya dinas pertama menjadi kapolres. Ke depan kapolres yang baru bisa menjalankan tugas dengan lebih bagus,” ujarnya.