Sebelum Masuk SD, Anak-Anak di Kota Batu Wajib PAUD Minimal 1 Tahun

Nov 28, 2020 10:32
Proses belajar mengajar di SDN Gunungsari 4 Kota Batu. (Foto: MalangTIMES)
Proses belajar mengajar di SDN Gunungsari 4 Kota Batu. (Foto: MalangTIMES)

MALANGTIMES - Peraturan Wali Kota Batu Nomor 94 tahun 2020 tentang penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Satu Tahun Pra Sekolah Dasar (SD) ditetapkan pada 30 September 2020 lalu. Dengan demikian, pastikan anak sudah duduk di bangku PAUD sedikitnya selama satu tahun sebelum mendaftar ke SD.

Hal tersebut menjadi salah satu syarat agar bisa masuk pada sekolah dasar. Sosialisasi pun terus digencarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Batu agar wali murid mengetahui ada persyaratan ini.

Baca Juga : Ini Mekanisme Pencairan Bantuan Subsidi Upah Kemendikbud untuk Tenaga Pendidik Non-PNS

“Sebelum mendaftarkan anak-anaknya masuk SD, pastikan anak ini sudah menempuh pendidikan di PAUD minimal 1 tahun,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih.

Ia menambahkan, sehingga sebelum masuk SD anak-anak sudah duduk di bangku PAUD dan TK. “Artinya gak boleh ujug-ujug (tiba-tiba) langsung sekolah SD, tidak boleh sekarang. Karena sekarang sudah ada payung hukumnya,” imbuhnya.

Dengan demikian, nantinya orang tua tidak bisa tiba-tiba langsung mendaftarkan anak-anaknya ke jenjang SD. Tapi anak harus melalui proses pembelajaran di bangku PAUD terlebih dahulu.

Setelah tahapan sosialisasi telah dilakukan Dinas Pendidikan Kota Batu, langkah selanjutnya dengan membentuk Kelompok Kerja (pokja) yang akan menyisir masyarakat. Dibentuknya pokja ini untuk mengingatkan bagi orang tua yang belum menyekolahkan anaknya di jenjang PAUD.

Baca Juga : Ingin Beri Kontribusi Lebih Bagi Pembangunan Daerah, Unikama Jalin MoU dengan Pemkot Batu

“Tugas Pokja nanti bagian yang mengoprak-ngoprak (meminta), kalau ada yang usianya enam tahun belum sekolah diingatkan,” terang mantan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja ini.

Menurutnya, Perwali ini dibuat untuk menjamin peserta didik di Kota Batu memiliki akses terhadap perkembangan dan pengasuhan anak usia dini serta pendidikan pra SD yang berkualitas sehingga siap untuk menempuh pendidikan dasar.

Topik
berita kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru