Bank Indonesia (istimewa)
Bank Indonesia (istimewa)

MALANGTIMES - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Malang menilai peningkatan perekonomian masyarakat terus berkembang menjelang akhir tahun 2020. Hal itu berdasarkan hasil survei penjualan eceran (SPE).

SPE sendiri merupakan survei bulanan yang bertujuan untuk mengetahui sumber tekanan inflasi dari sisi permintaan dan memperoleh gambaran mengenai kecenderungan perkembangan penjualan eceran serta konsumsi masyarakat yang dapat dijadikan sebagai salah satu indikator mengenai perkembangan kondisi ekonomi di wilayah kerja KPw BI Malang.

Baca Juga : Cari Referensi Pernikahan, Ikuti Wedding Trend 2021 Exhibition di Cyber Mall Malang

"Pertumbuhan ekonomi di wilayah kerja KPw Bank Indonesia Malang berasal dari peningkatan kinerja ekonomi antara lain diperkirakan dari kinerja sektor perdagangan besar dan eceran di yang meningkat seiring dengan optimisme peningkatan pada tingkat konsumsi masyarakat," kata Kepala Perwakilan BI Malang Azka Subhan Aminurridho.

Hasil survei penjualan eceran (SPE), menurut Azka, secara perkiraan total omzet penjualan eceran pada November 2020 tumbuh sebesar 12,07% (mtm). Lebih tinggi dibandingkan dengan realisasi omzet Oktober 2020 sebesar 9,66% (mtm).

"Pertumbuhan omzet penjualan terjadi pada seluruh kelompok komoditas. Kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya sebesar 34,83% (mtm) dan diikuti oleh kelompok peralatan dan komunikasi di toko sebesar 29,46% (mtm) sejalan dengan implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang mendorong aktivitas masyarakat," ungkapnya.

Lanjut Azka, perbaikan kinerja penjualan eceran diindikasikan berlanjut pada  Desember 2020, terutama ditopang oleh kelompok makanan, minuman dan tembakau yang tetap tumbuh positif.

"Juga perbaikan pada kelompok barang budaya dan rekreasi sejalan perayaan hari besar keagamaan nasional (HBKN) dan libur panjang pada akhir tahun," terang dia.

Baca Juga : Digitalisasi, Jadi Cara UMKM Bertahan di Masa Pandemi

Dari sisi harga, masih kata Azka, tekanan inflasi pada Desember 2020 diperkirakan masih sejalan dengan pencapaian target inflasi tahun 2020. "KPw Bank Indonesia Malang terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah daerah, guna menjaga inflasi sesuai kisaran targetnya," tandasnya.