Password (Foto:  Articoli di AdHoc News)
Password (Foto: Articoli di AdHoc News)

MALANGTIMES - Password atau kata sandi merupakan kumpulan karakter yang biasanya digunakan untuk mengamankan akun seseorang, baik aplikasi maupun hal-hal penting lain. 

Hal ini bertujuan untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut.  

Baca Juga : Rekomendasi HP Harga 2 Jutaan dan HP Khusus Outdoor!

Password ini tentunya bersifat rahasia dan tak sembarangan orang boleh mengetahui. Namun, beberapa orang yang tak ingin ribet biasanya membuat karakter password seenaknya agar mudah dihafal.  

Kendati demikian, kita harus tetap waspada lantaran ada beberapa password yang ternyata buruk untuk digunakan. Hal ini baru saja diungkap oleh NordPass.  

Layanan password manager NordPass kini kembali merilis laporan tahunannya tentang password terburuk yang digunakan oleh pengguna internet. Dari ratusan juta password yang dianalisa, tim menemukan 200 password yang paling sering ditemukan dan gampang ditebak.  

Melansir dari ZDNet, setelah menganalisis 275.699.516 password yang bocor, NordPass menemukan password yang paling sering digunakan ternyata sangat mudah ditebak. Hal itu bisa menyebabkan orang tidak bertanggung jawab bisa melakukan pembobolan akun.  

Hanya terdapat 44 persen dari password dalam daftar yang terbilang unik. Berikut lima password yang ditemukan NordPass paling banyak digunakan.

"123456", "123456789", "picture1", "password" dan "12345678".

Password-password tersebut disebutkan hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk dibobol hanya dengan tebakan.

Sementara daftar 10 teratasnya adalah:

Password paling banyak digunakan 2020
Foto: Screenshoot

Untuk membuat password unik dan rumit agar jauh dari pembobolan cara paling mudah adalah dengan menggunakan password manager, seperti LastPass atau yang sudah terintegrasi seperti iCloud Keychain dan password manager milik Google Chrome.  

Sementara jika ingin membuat password sendiri, janganlah menggunakan pola yang mudah ditebak dan berulang-ulang, seperti angka atau huruf yang berdekatan di keyboard.  

Tambahkan huruf kapital, simbol dan nomor di tempat yang tak terkira. Jangan gunakan informasi pribadi pula seperti tanggal lahir atau nama seseorang.