Webinar bertajuk "Mudah Menulis Artikel Ilmiah" Komunitas Penggerak Literasi Kota Malang (Komplit). (Foto: Humas Disdikbud)
Webinar bertajuk "Mudah Menulis Artikel Ilmiah" Komunitas Penggerak Literasi Kota Malang (Komplit). (Foto: Humas Disdikbud)

MALANGTIMES - Bakal ada yang spesial dalam peringatan Hari Guru Nasional (HGN) sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) November ini. Apa itu?

Untuk menyambut HUT PGRI dan HGN 2020, jajaran pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disikbud) Kota Malang menyiapkan sesuatu yang spesial, yakni mempersembahkan 100 karya tulis. Hal ini berdasarkan animo 100 peserta yang mengikuti webinar bertajuk "Mudah Menulis Artikel Ilmiah" belum lama ini.

Baca Juga : Dosen FIS Dampingi SD Lab-UM Bangun Kolaborasi Tiga Pilar Pendidikan

Ratusan peserta webinar yang terdiri atas guru, kepala sekolah, pengawas, maupun penilik itu antusias mengikuti rangkaian kegiatan dan menyimak materi yang disampaikan narasumber yang dihadirkan Komunitas Penggerak Literasi Kota Malang (Komplit).

Kegiatan yang menghadirkan Kepala SD dan SMP Insan Amanah Dr Suhardini Nurhayati SPd MPd sebagai narasumber ini mendapat sambutan positif dari Disikbud Kota Malang.

Dra Sri Sutrisnawati MPd selaku kepala bidang pembinaan ketenagaan sekaligus mewakili Disdikbud Kota Malang sangat gembira dengan inisiasi Komplit yang mengadakan kegiatan secara daring ini.

"Terima kasih teruntuk Komunitas Penggerak Literasi Kota Malang sebagai penyelenggara, bapak ibu guru, kepala sekolah, pengawas, maupun penilik yang turut serta dan semangat mengikuti kegiatan positif ini. Semoga melalui kegiatan ini, inovasi dan kreasi keluarga besar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang semakin tereksplorasi yang diimplementasikan dalam bentuk karya tulis," ungkapnya  saat sambutan.

Lebih lanjut, Sri Sutrisnawati menambahkan bahwa Disdikbud Kota Malang menyediakan jurnal yang dapat menampung karya tulis jajaran tenaga pendidik atau guru. Bersama Dewan Pendidikan Kota Malang, secara berkala diterbitkan jurnal sekaligus bimbingan teknis penulisan artikel.  "Ini dapat dimanfaatkan secara luas serta maksimal oleh kalangan guru di Kota Malang," katanya.

Sementara itu, inisiator sekaligus ketua Komplit Pipit Pudji Astutik MPd menyatakan, peminat kegiatan ini sangatlah banyak. Namun mengingat keterbatasan kuota pada platform Zoom meeting, maka secara otomatis terbatas pula hanya 100 peserta.

"Sebenarnya, potensi menulis artikel ilmiah di kalangan guru Kota Malang sangatlah besar. Namun banyak di antaranya terhalang oleh bagaimana cara memulai untuk menulis, bagaimana menentukan tema, serta bagaimana mencurahkan isi hati mereka tentang pendidikan pada sebuah kalimat yang terangkai hingga akhirnya berwujud artikel ataupun buku," papar perempuan yang kesehariannya menjadi pendidik di SDN Tunjungsekar 3 Malang ini.

Baca Juga : Ingin Beri Kontribusi Lebih Bagi Pembangunan Daerah, Unikama Jalin MoU dengan Pemkot Batu

Meskipun diselenggarakan secara daring dengan platform Zoom meeting, hal itu tidak menyurutkan semangat, antusiasme, dan totalitas peserta dalam mengikuti paparan narasumber tentang tips dan trik penulisan artikel. Mulai dari cara penulisan judul sampai dengan penulisan daftar pustaka yang disampaikan secara lugas, gamblang, dan mudah dipahami oleh peserta.

"Minimalisasi plagiasi dan similiariti dalam tulisan yang akan Bapak atau Ibu buat. Hal itu dapat dilakukan dengan parafrase pendapat yang disitir dari buku maupun artikel," ucapnya dalam paparan.

Sementara itu, Winarto MPd selaku pembina Komplit sekaligus kepala SDN Tunjungsekar 1 Malang pada kesempatan itu memompa motivasi seluruh peserta webinar kepenulisan untuk segera menyusun artikel. Sehingga, pada puncak peringatan HUT PGRI dan HGN tahun 2020, Komplit dapat memberikan sumbangsih nyata berupa 100 artikel karya insan pendidikan di Kota Malang.