Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar DPD PKS Kota Malang. (Foto Istimewa).
Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar DPD PKS Kota Malang. (Foto Istimewa).

MALANGTIMES - Momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini dijalankan dengan perayaan yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Mengingat, masyarakat tanah air harus menjalani keterbatasan kegiatan akibat pandemi covid-19.

Meski begitu, bukan berarti hal ini menyurutkan umat muslim untuk tetap memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Seperti yang dilakukan DPD PKS Kota Malang yang melakukan kegiatan peringatan Maulid Nabi secara online di Gedung Muamalah, Minggu (15/11/2020) kemarin.

Baca Juga : Kisah Pria Murtad di Zaman Rasulullah SAW yang Jasadnya Ditolak Bumi

Kegiatan yang dilangsungkan secara online ini tak mengurangi kekhidmatan acara. Dalam kegiatan itu, kurang lebih 180 kader PKS ikut terlibat. Di antaranya Wakil Ketua DPRD Kota Malang Asmualik, Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono, dan seluruh anggota dewan PKS. 

Momentum peringatan Maulid Nabi secara online ini pun juga sekaligus sebagai penanda di-launcing-nya Majelis Zikir Salawat Nurul Muhibbin.

Ketua Umum DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo menyatakan, peluncuran majelis sebagai sarana meneladani kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. 

Di samping itu, momen peringatan Maulid di tengah pandemi ini juga sebagai ajang untuk tetap menjaga dan meningkatkan kualitas ketaqwaan umat muslim dalam meneladani karakter nabi.

"Dengan adanya majelis ini, semoga kita bisa meningkatkan rasa cinta terhadap baginda Nabi Muhammad serta meningkatkan tali persaudaraan kita dengan masyarakat Kota Malang. Pandemi bukan menjadi penghalang untuk kita tetap melakukan ibadah," ungkapnya. 

Ernanto menambahkan, era digitalisasi seperti sekarang bukan menjadi penghalang untuk tetap melakukan majelis. Terlebih, masa pandemi menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan iman dan taqwa dengan beribadah. 

Baca Juga : Muslim Wajib Tahu, Ini Perbuatan Sederhana yang Mampu Hapuskan Dosa

"Sekarang kan sudah era digitalisasi. Dengan menggunakan teknologi, kita masih tetap bisa melakukan majlis dengan cara online," ucapnya.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan DPD PKS Kota Malang Ahmad Taufik mengatakan, acara ini bertujuan mengajak kader PKS dan seluruh masyarakat muslim untuk selalu cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Nantinya, DPD PKS Kota Malang juga akan mengadakan Majelis Zikir Salawat Nurul Muhibbin yang dilakukan secara rutin setiap bulan. 

"Kami rencananya akan melakukan kegiatan rutin setiap bulan secara online selama pandemi belum berakhir," katanya.

Sementara itu, kegiatan kali ini juga turut menghadirkam sejumlah ulama ternama. Di antaranya Habib Ali Akbar bin Aqil,  Habib Umar Shihab, Habib Dja'far Masyhur, Habib Hasan Assegaf, Habib Muhammad Alkaff, Habib Salim Bin Jindan, Habib Anis Mauladawelah, Habib Umar Al Haddad, Habib Hasan Assegaf, Gus Usmawan, Gus Sujai, dan T Gus Suja'i.