Betah di Zona Oranye, Wali Kota Batu Ingatkan Wisatawan supaya Berwisata dengan Aman

Nov 08, 2020 21:11
Update situasi Kota Batu, Minggu (8/11/2020). (Foto: Pemkot Batu)
Update situasi Kota Batu, Minggu (8/11/2020). (Foto: Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Sudah cukup lama Kota Batu bertahan pada zona oranye atau risiko sedang meski setiap hari ada tambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19. Meski demikian, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meminta kegiatan wisata bersenang-senang tetap diimbangi dengan memperketat protokol kesehatan.

“Berwisata, bersenang-senang dengan tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi covid-19 bisa dilakukan asal memperhatikan protokol kesehatan,” ucapnya, Minggu (8/11/2020).

Baca Juga : Desa Bulukerto Turun Jadi Zona Oranye, Persentase Kematian Capai 10 Persen

Dewanti menambahkan, menjaga protokol kesehatan itu dengan menerapkan 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Hal tersebut merupakan cara yang efektif dalam menekan angka penularan covid-19.

Dewanti pun meminta hal ini bukan hanya dilakukan oleh warga Kota Batu, namun juga wisatawan yang ingin berwisata ke Kota Batu. Terlebih update penyebaran covid-19 di Kota Batu pada Minggu terdapat penambahan 5 pasien terkonfirmasi positif. Kemudian juga terdapat pasien terkonfirmasi positif yang sembuh sejumlah 4 orang. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori merinci  jumlah akumulatif sudah mencapai 625 orang. “Dengan angka kesembuhan 513 orang untuk persentasenya 82 persen. Dan angka meninggal dunia 61 orang atau 10 persen,” ucapnya.

Lalu ada 765 orang masuk kategori suspek. Kemudian 60 orang masuk dalam probable, ada 215 orang yang diisolasi, dan 557 orang discarded.

Kawasan zona merah atau risiko tinggi ada d21 desa/kelurahan dari 24 desa/kelurahan di tiga kecamatan Kota Batu. Rinciannya di Kecamatan Bumiaji tersebar di Desa Bumiaji, Desa Pandanrejo, Desa Giripurno, Desa Punten, dan Desa Gunungsari, Desa Tulungrejo, dan Desa Sumber Brantas.

Di Kecamatan Junrejo, ada di Kelurahan Dadaprejo, Desa Beji, Desa Torongrejo, Desa Mojorejo, Desa Tlekung, Desa Junrejo dan Desa Pendem. Atau seluruhnya desa/kelurahan di Kecamatan Junrejo masuk zona merah.

Baca Juga : Beri Kenyamanan Khusus, Puskesmas Rampal Celaket Sediakan Kursi Tunggu Pasien Prioritas

Dan di Kecamatan Batu ada di Desa Pesanggarahan, Desa Sumberejo, Kelurahan Songgokerto, Kelurahan Ngaglik, Kelurahan Temas, dan Kelurahan Sisir.

Lalu kawasan zona oranye tetap tersisa dua desa, yakni Desa Bulukerto di Kecamatan Bumiaji dan Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu. Sedangkan untuk zona kuning atau risiko rendah hanya menyisakan Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji.

 

Topik
Wali Kota Batucovid 19 kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru