Jelang Libur Panjang Natal dan Tahun Baru 2020, Pemkot Batu Kebut Pengaspalan 125 Ruas Jalan

Nov 02, 2020 14:30
Petugas saat melakukan pengaspalan di Kota Batu. (Foto: istimewa)
Petugas saat melakukan pengaspalan di Kota Batu. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Menyambut libur panjang Natal dan Tahun Baru 2020, tentunya tidak lepas dari kunjungan wisatawan ke Kota Batu.

Untuk memanjakan wisatawan yang akan berkunjung, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu menargetkan 125 ruas jalan yang diaspal atau hot mix ditargetkan hingga bulan Desember 2020 harus terselesaikan.

Baca Juga : Tak Bisa Terlaksana Tahun 2020, Pemkot Batu 2021 Prioritaskan 10 Program Ini

“Persiapan libur panjang mendatang, supaya pengguna jalan aman, nyaman, dan tenang di jalan Kota Batu. Saat ini kami melakukan pengaspalan,” ucap Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat.

Jalan yang diaspal itu terutama ruas jalan protokol dan akses menuju tempat wisata. Kemudian juga beberapa jalan di desa/kelurahan yang saat ini masih dalam proses pengerjaan hot mix. 

Anggaran yang digunakan berasal dari Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun 2020.

“Sehingga pengaspalan belum bisa dilakukan menyeluruh karena menyesuai dengan anggaran PAK. Jadi jalan-jalan yang prioritas yang diutamakan. Tetapi jalan lain tetap dimaksimalkan,” ujarnya. 

Ia menambahkan, untuk jalan yang berlubang ada tim khusus yang melakukan pembenahan, yakni tim Sapu Jagat. Tim khusus tersebut bertugas selama 24 jam dan siap menerima pengaduan atau laporan dari masyarakat khusus di Kota Batu. 

“Jika sebagian tim melakukan pengaspalan di tempat lainnya. Kami juga punya tim Sapu Jagat yang menangani atau menerima pengaduan masyarakat, jadi bisa segera melakukan perbaikan jalan berlubang,” ujar mantan Sekretaris DPUPR Kota Batu.

Baca Juga : Hindari Kerumunan, Wali Kota Malang Anjurkan Perayaan Maulid Nabi di Rumah Saja

Sementara itu, beberapa kawasan jalan yang sudah dilakukan pengaspalan diantaranya, ruas Jalan K.H. Agus Salim, Jalan Sajid, dan Jalan W.R. Supratman. 

Sedangkan untuk pemeliharaan  jalan berlubang yakni, Jalan K.H. Agus Salim sepanjang 205 meter. Juga jalur Paralayang-Brau, Desa Gunungsari. Lainnya ada di kawasan sepanjang Jalan Bendo hingga Jurang Susuh di Desa Giripurno, Jalan Joko Bundo di Desa Sumbergondo, Jalan Minsuwarso di Jalan Petinggi Kelurahan Sisir.

Dengan diaspalnya atau hot mix jalan-jalan utama hingga perdesaan, diharapkan bisa memberikan kenyamanan, rasa aman kepada masyarakat dan wisatawan saat di Kota Batu.

 

Topik
Libur Akhir TahunDPUPR Kota BatuPengaspalan Jalanprogram hot mixwisatawan kota batuberita kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru