Calon anggota DPKM Drs Abdul Malik MPd saat presentasi. (Foto: Humas Disdikbud Kota Malang)
Calon anggota DPKM Drs Abdul Malik MPd saat presentasi. (Foto: Humas Disdikbud Kota Malang)

MALANGTIMES - Seleksi Pemilihan Dewan Pendidikan Kota Malang (DPKM) periode 2021-2025 telah memasuki tahapan tes presentasi konsep pengembangan pendidikan dan wawancara. 

Ketua Panitia Seleksi DPKM Periode 2021-2025 Prof Dr Masykuri Bakri MSi menyampaikan tahapan tes presentasi konsep pengembangan pendidikan dan wawancara ini dibagi dalam tiga sesi.

Baca Juga : Hari Santri Nasional, Gus Ami Luncurkan Santrinet, Solusi Darurat Pendidikan Nasional

Ia menjelaskan, sesi pertama telah dilaksanakan pada Senin, 26 Oktober 2020 lalu dan diikuti oleh delapan orang. Sesi kedua akan dilaksanakan pada 2 November mendatang diikuti oleh tujuh orang. Terakhir, pada sesi pamungkas yakni pada 3 Nopember 2020 diikuti oleh tujuh orang.

"Total terdapat 22 orang calon anggota DPKM yang sebelumnya dinyatakan lolos pada tahapan seleksi administrasi," ucap Masykuri.

Lebih lanjut ia menjelaskan, calon anggota DPKM wajib mempresentasikan konsep pengembangan pendidikan dan wawancara di hadapan tiga orang panelis. 

Tiga panelis tersebut di antaranya Prof Dr H Imron Arifin MPd (akademisi dari Universitas Negeri Malang), Prof Dr Agus Suman SE DEA (Akademisi dari Universitas Brawijaya), dan Lutfi Jayadi Kurniawan SSos MSi (akademisi dari Universitas Muhammadiyah Malang).

Sesuai dengan pengumuman yang disampaikan di website serta media sosial Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, tahapan seleksi presentasi dan wawancara sesi pertama Senin lalu digelar mulai pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 13.05 WIB.

"Sesi pertama ini diikuti oleh delapan orang calon anggota Dewan Pendidikan, di antaranya Drs Abdul Malik MPd, Dr H Moh Sulthon MPd, Dr Endang Sri Redjeki MS, Muchammad Fahazza ST, Dr H Harinoto MM, Nurmawati SPd, Dr Liem Gai Sin, dan Drs H Bambang Widarsono," bebernya.

Baca Juga : Upacara Hari Santri Nasional Bacakan Wirid Lil Khomsatun, Dewanti Minta Santri Terapkan 3M

Secara bergantian mereka menyampaikan konsep pengembangan pendidikan dan wawancara di hadapan tiga orang panelis selama kurang lebih 30 menit. Berbagai macam ide, program, terobosan, inovasi, dan juga kebijakan dipaparkan di hadapan panelis oleh para calon anggota DPKM.

Usai memaparkan konsepnya, tiga orang panelis melontarkan beberapa pertanyaan pada calon Anggota DPKM secara bergantian.

Berkat kedisiplinan serta ketertiban peserta dalam mematuhi jadwal maupun aturan main, seleksi tahapan pemaparan konsep pengembangan pendidikan dan wawancara dapat berjalan dengan lancar serta tepat waktu sesuai yang diharapkan.