Petugas pemadam kebakaran saat berupaya memadamkan api yang bersumber dari dalam mobil (Foto: PPK Kabupaten Malang for MalangTIMES)
Petugas pemadam kebakaran saat berupaya memadamkan api yang bersumber dari dalam mobil (Foto: PPK Kabupaten Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kejadian nahas dialami Lucas Widiarsaja warga Perumahan Asabri, Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Sehari setelah dipinjam, mobil pribadi miliknya hangus terbakar, Selasa (27/10/2020) pagi.

Kepada media online ini, pria yang akrab disapa Lucas ini mengaku jika insiden kebakaran yang menimpa mobil miliknya tersebut, terjadi tadi pagi (Selasa 27/10/2020) sekitar pukul 05.30 WIB.

Baca Juga : Pulang Ceramah dan Tengah Bekam, Gus Nur Diamankan Bareskrim Polri

”Saat itu kondisi mobil terparkir di depan rumah dalam kondisi masih tertutup dengan penutup mobil. Tiba-tiba pagi tadi saya dikabari tetangga kalau dari dalam mobil keluar asap,” kata Lucas ketika dikonfirmasi sesaat setelah insiden kebakaran terjadi, Selasa (27/10/2020) pagi.

Mendapat informasi dari tetangganya, Lucas bergegas membuka penutup mobil sebelum akhirnya membuka bagian kap mesin. Nahas, saat hendak melepas aki mobil, kepulan asab tebal semakin membesar.

”Kalau perkiraan saya penyebap kebakaran kemungkinan karena korsleting listrik kecil, tidak sampai korslet besar. Soalnya pas saya pegang, akinya tidak panas. Biasanya kalau korsleting besar kan akinya panas,” ungkap Lucas.

Meski menduga kebakaran disebabkan karena koesleting listrik, namun Lucas belum bisa memastikan apakah koesleting itu terjadi sejak kemarin malam atau baru tadi (Selasa 27/10/2020) pagi.

”Tapi saya tidak tahu korsleting itu apa mulai kemarin malam atau sesaat sebelum keluar asap pagi tadi. Soalnya setelah dipinjam, mobil pasti saya cek kondisinya termasuk membersihkan bagian dalam mobil. Tapi kemarin (Senin 26/10/2020) setelah dipinjam itu, saat saya cek kondisinya aman kemudian saya tutup pakai penutup mobil itu,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, mobil pribadi milik korban ini memang sering dipinjam oleh tetangganya. Termasuk oleh kenalannya Lucas yang kesehariannya bekerja sebagai sales regulator.

”Sales regulator itu kantornya dekat perumahan (tempat tinggal Lucas), setiap hari biasanya dipinjam mulai pagi jam 09.00 WIB sampai malam antara jam 17.30 WIB atau jam 18.30 WIB. Mobil itu tidak saya sewakan, tapi biasanya habis dipinjam saya dikasih Rp 100 ribu,” tutur Lucas.

Baca Juga : Muncul Video Detik-Detik Gus Nur Diamankan Bareskrim Polri

Sementara itu, Lucas yang mengetahui jika mobil Panther miliknya terbakar, bergegas memadamkan api. Bersama warga setempat, korban berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Namun, lantaran tak kunjung padam, pria 60 tahun ini pun berinisiatif menghubungi petugas pemadam kebakaran guna memadamkan api. ”Kita panggil petugas pemadam itu karena takut, soalnya dekat rumah warga. Takutnya menyulut masuk ke rumah, apalagi saat kejadian ada kendaraan lain. Jadi untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran, saya hubungi PMK Kabupaten Malang,” ucapnya.

Di sisi lain, Kepala Seksi PPK (Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran) Kabupaten Malang, Agus Suyanto, yang mendapat laporan adanya kebakaran langsung mengerahkan dua unit mobil pemadam ke lokasi kejadian.

Sekitar 45 menit setelah insiden kebakaran terjadi, petugas pemadam kebakaran yang dikomandani oleh Yoyok Agus Prianto ini akhirnya berhasil memadamkan api. ”Kebakaran tidak sampai meluas, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Dari keterangan korban, kerugian ditaksir mencapai Rp 25 juta,” pungkasnya.