Kasat Lantas Polres Malang AKP Ady Nugroho saat ditemui awak media di Mapolres Malang, Senin (26/10/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 
Kasat Lantas Polres Malang AKP Ady Nugroho saat ditemui awak media di Mapolres Malang, Senin (26/10/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 

MALANGTIMES - Libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW dan pelaksanaan cuti bersama mulai  28 Oktober 2020 membuat pelayanan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang  ditutup sementara. Penutuoan layanana dilakukan selama masa cuti. 

Kasat Lantas Polres Malang AKP Ady Nugroho mengatakan, dengan ditutupnya kantor pelayanan Satlantas Polres Malang, para petugas akan memaksimalkan sisa hari pelayanan bagi masyarakat. 

"Maulid Nabi Muhammad SAW, jatuhnya tanggal 29. Namun pelaksanaan cuti bersama tanggal 28, 29, 30. Diharapkan masyarakat yang harus mendapatkan pelayanan di tiga hari tersebut bisa datang di kantor-kantor pelayanan kami satu hari sebelumnya," ungkapnya ketika ditemui awak media, Senin (26/10/2020). 

Pemaksimalan pelayanan pun telah dilakukan oleh petugas Satlantas Polres Malang sejak  Senin (26/10/2020) hingga besok  Selasa (27/10/2020). 

Setelah melakukan pemaksimalan pelayanan, para petugas Satlantas Polres Malang akan diterjunkan dalam membantu melakukan pengamanan pada Operasi Zebra Semeru 2020. 

Meskipun dilakukan pemaksimalan pelayanan di kantor-kantor pelayanan Satlantas Polres Malang selama dua hari ini, Ady menyatakan tidak terdapat penambahan jam operasional.  "Kalau saya rasa untuk jam operasional tidak dilakukan penambahan," ujarnya. 

Tetapi meskipun tidak dilakukan penambahan jam operasional, Ady mengatakan pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh anggota Satlantas Polres Malang untuk melakukan penanganan, terlebih lagi yang memerlukan pelayanan prioritas. 

"Penanganan samsat kemudian di satpas dan di BPKB (buku pemilik kendaraan bermotor, red), apabila misalnya ada pemohon SIM (surat izin mengemudi, red) perpanjangan yang mati di tiga hari tersebut, kami akan lebih prioritaskan," jelasnya. 

Hal itu merupakan salah satu langkah pelayanan maksimal sebelum memasuki masa cuti bersama yang berlangsung  28, 29, 30 Oktober 2020. Sedangkan pada 31 Oktober 2020 yang bertepatan Sabtu, biasanya masih banyak kantor yang masih libur. 

"Artinya libur akan sampai 1 (November, red). Hari Minggu itu untuk arus baliknya. Namun untuk pelayanan, kami sesuai dengan surat edaran dari polda dan juga dari Dispenda Provinsi  Jatim, pelayanan akan kita tutup mulai 28, 29, 30," terangnya. 

Sedangkan pada  31 Oktober 2020 kantor pelayanan Satlantas Polres Malang akan tetap dibuka kembali bagi masyarakat yang akan mengurus berkas-berkas kendaraan maupun kelengkapan bagi pengendara.