Aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN) (Foto:  ITS TIME)
Aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN) (Foto: ITS TIME)

MALANGTIMES - Hari Santri Nasional 2020 jatuh pada hari ini, Kamis (22/10/2020). Untuk menyambut Hari Santri Nasional tahun ini, aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN) akan meluncurkan fitur Umat Market (U-Mart) pada minggu ini.  

Diklaim sebagai marketplace Islami yang ramah santri, U-Mart ingin turut mendukung digitalisasi khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Baca Juga : Kerja Sama dengan Pemkot Malang, Grab Resmikan Layanan Virtual Grab Driver Center

Diketahui, KESAN sebelumnya fokus dalam pengembangan fitur-fiutr Islami. Kini aplikasi tersebut rupanya mengembangkan fitur berbasis ekonomi seperti U-Mart dalam rangka penguatan ekonomi di masa pandemi saat ini.  

"U-Mart didesain ramah produk santri dan Islami. Ada kurasi produk dan jasa UMKM di dalam U-Mart agar para pembeli merasa nyaman akan kehalalan transaksi. Kami mendorong digitaliasi UMKM santri dan nasional di masa pandemi serta menawarkan kemudahan bagi para pembeli yang menginginkan produk dan jasa halal," kata CEO KESAN Hamdan Hamedan lewat keterangan tertulisnya, Kamis (22/10/2020).

aplikasi islami kesan
Foto: Screenshoot

Dengan diluncurkannya U-Mart ini, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Waryono tentunya sangat mengapresiasi.  "Saya senang hadirnya aplikasi KESAN yang memberikan konten Islami sejuk dan mendidik," ujarnya.  

Lebih lanjut, Waryono juga merasa jika aplikasi ini berguna untuk memungkinkan para santri memasarkan produk dan jasanya.  

Hingga kini, aplikasi KESAN ini telah didownload lebih dari 200 ribu kali oleh pengguna.  

Baca Juga : Fitur-Fitur Unggulan iPhone 12, Produk Terbaru Apple Ini Diprediksi Bakal Jadi Idola Baru

Saat virtual launching U-Mart pada Selasa (20/10/2020) KESAN mengklaim telah ada 1.000 lebih UMKM yang bergabung dalam marketplace itu.