Pengendara didapati tidak menggunakan masker saat di Jalan Trunojo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pengendara didapati tidak menggunakan masker saat di Jalan Trunojo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Operasi Yustisi dan Cipta Kondisi untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 di beberapa pusat keramaian setiap hari terus dilaksanakan di Kota Batu. Meski demikian, setiap operasi dilakukan didapati angka pelanggar mengalami penurunan.

Jika dibandingkan sejak diterapkannya denda di tempat beberapa waktu lalu, tercatat ada 20-40 pelanggar dalam sehari. Saat ini, jumlah tersebut turun hingga separo. 

Baca Juga : Lahan Serasah Tebu Sengaja Dibakar tidak Terkendali, Pemadam Kebakaran Kota Batu Kalang Kabut

Kini, dalam sehari menjaring belasan pelanggar. Seperti halnya pada operasi yustisi yang dilaksanakan satuan tugas (satgas) oleh Polri, TNI, Satpol PP, BPBD, dan Dishub dibeberapa ruas jalan, pada Minggu (18/10/2020). Tercatat dalam operasi itu hanya ada 17 pelanggar.

“Semakin hari angka pelanggaran mengalami penurunan. Dengan menurunnya angka tersebut masyarakat mulai disiplin akan pentingnya protokol kesehatan,” ujar Kepala Satpol PP Kota Batu, M. Nur Adhim. 

Menurutnya, warga mulai disiplin dan mengerti pentingnya protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Mereka yang ditemukan terjaring operasi tersebut rata-rata tidak menggunakan masker dengan benar. Misalnya menurunkan masker di bawah hidung hingga dagu. 

Tindakan yang dilakukan oleh petugas pun dengan memberikan teguran dan sosialisasi.

“Kami memberikan teguran dan sosialisasi. Kemudian ada juga yang diberikan sanksi berupa push up, tapi tidak semua dilihat dari kondisi fisik dari pelanggar tersebut,” imbuhnya.

Baca Juga : Tertib Protokol Kesehatan, Polsek Sukun dan KEI Bagi Hadiah Parfum

Rencananya operasi yustisi itu akan digelar hingga akhir bulan November mendatang. Dalam sehari operasi itu digelar pada pagi, sore, dan malam. 

“Dengan upaya ini semoga masyarakat disiplin pentingnya protokol kesehatan mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir,” tutup mantan Camat Junrejo ini.