Petugas saat memadamkan api di Jalan Sukoarjo, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Minggu (18/10/2020). (Foto: istimewa)
Petugas saat memadamkan api di Jalan Sukoarjo, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Minggu (18/10/2020). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Kebakaran lahan untuk pertama kalinya terjadi pada bulan Oktober ini. Kali ini kebakaran lahan terjadi di Jalan Sukoarjo, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Minggu (18/10/2020).

Terlihat sejumlah petugas gabungan terdiri dari Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Yonif 5257 Infantri, Babinsa Ngaglik, Polri, Garda Relawan dan bebera tim lainnya terjun untuk memadamkan kebakaran lahan yang terus meluas. Maklum, cuaca cukup terik sehingga api mudah menyebar. 

Baca Juga : Kenangan Pahit 'Tragedi Magrib Berdarah' di Jombang

Untungnya, area kebakaran lahan itu bisa dilewati oleh mobil tangki Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu sehingga mempermudah proses pemadam api.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu mengatakan, kebakaran lahan serasah tebu terjadi lantaran sengaja dibakar. Alasannya untuk bercocok tanam. “Tidak disangka serasah tebu sengaja dibakar untuk bercocok tanam dan api cepat menjalar. Kemudian, mengakibatkan kebakaran lahan hingga luas sekitar 1.000 meter persegi,” ungkapnya.

Kebakaran lahan itu bisa segera teratasi lantaran informasi dari warga sekitar, sehingga petugas langsung menuju lokasi tersebut. Kini kebakaran tersebut sudah selesai dipadamkan oleh petugas.

Baca Juga : Ciptakan Kota Batu Aman dan Kondusif, Pemkot Batu Lakukan Deklarasi Damai

Sebelumnya kebakaran lahan terjadi di kawasan perlindungan sempadan sungai petak 232 C, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu pada akhir bulan September silam. Kebakaran terjadi lantaran adanya kesengajaan untuk pembukaan lahan perkebunan.