Para personel yang memperkuat The Brandals hingga sampai saat ini. (Foto: Dok. The Brandals)
Para personel yang memperkuat The Brandals hingga sampai saat ini. (Foto: Dok. The Brandals)

MALANGTIMES - Banyak sekali peristiwa-peristiwa di Indonesia yang kerap mencuri perhatian publik. Misalnya soal tingkah laku para elit politik, kebijakan yang tidak transparan, kesenjangan ekonomi sosial, dan lain-lain.

Melihat kondisi tersebut, The Brandals menyuarakan keluhan mereka dalam sebuah single lagu terbaru. Bertajuk "The Truth Is Coming Out" karya band asal Jakarta ini telah dirilis Kamis (15/10/2020) kemarin.

Baca Juga : Polemik Nonton Film G30S/PKI, Mahfud MD: Hukumnya Mubah, Silahkan Saja!

 

Eka Annash, vokalis The Brandals sekaligus penulis lirik lagu "The Truth Is Coming Out" menuturkan bahwa bahasa Inggris digunakan agar karya mereka bisa menjangkau pendengar yang lebih luas.

"Secara implisit menyorot tema tentang fakta-fakta sejarah yang banyak dikubur oleh para elit politik Indonesia. Bagaimana banyak nyawa dikorbankan, sejarah dimanipulasi dan fakta dibelokkan," tuturnya dalam pers rilis yang diterima oleh media online ini.

Tapi meskipun hal itu semua terjadi, dirinya bersama The Brandals meyakini bahwa pada akhirnya kebenaran akan terungkap dengan berbagai macam cara.

Single lagu terbaru The Brandals "The Truth Is Coming Out" ini merupakan sebuah repertoire dari persiapan peluncuran full album The Brandals yang bakal dirilis secepatnya. 

Awalnya, mereka ingin meluncurkan album sebelum atau bersama dengan penggodokan RUU Cipta Kerja yang baru-baru ini banyak mendapatkan protes dari mayoritas masyarakat Indonesia. Akan tetapi, masih banyak yang harus melalui proses pematangan materi untuk full album.

Dalam penggarapan single "The Truth Is Coming Out" ini The Brandals bekerja sama dengan organisasi non-pemerintah yang berfokus pada investigasi kasus-kasus penculikan aktivis politik dan kekerasan di Indonesia yakni KONTRAS (Komisi Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan).

Kerja sama tersebut berupa kontribusi dari KONTRAS yang memberikan profil aktivis yang hilang maupun mendapat tindakan kekerasan, di mana data kasus masih terbuka dan belum terselesaikan hingga sekarang.

"Profil tersebut kami tampilkan di video klip sebagai pengingat kepada publik bahwa masih banyak kebenaran yang belum terungkap di Indonesia," bebernya.

Untuk single terbaru ini "The Truth Is Coming Out" terdapat beberapa perbedaan dalam racikan materi lagu. Baik dari segi musikal, maupun struktur lagu dengan beberapa karya terakhir The Brandals.

Jika pada album DGNR8 yang dirilis tahun 2010 dan single terakhir tahun 2018 bertajuk "Retorika" lebih memberikan sentuhan elemen elektronik, kali ini The Brandals menyuguhkan "The Truth Is Coming Out" dengan racikan back to basic.

"The Brandals back to basic, mengandalkan intuisi dan kreatifitas 5 personel dengan instrument-nya," ujarnya.

Baca Juga : Kiai Podo, Ulama Asal Demak yang Babat Alas di Wilayah Desa Kidal-Tumpang

 

Racikan back to basic dari The Brandals tidak lepas dari olahan tangan-tangan kreatif dan sakti yakni Tony Dwi Setiaji sebagai gitaris yang membuat aransemen "The Truth Is Coming Out" menjadi lebih cepat dari versi awalnya.

"Proses mixing dan mastering kembali dipegang oleh Harmoko Aguswan (Moko) yang menjadi pemain kunci dalam pemolesan tata suara materi The Brandals di album berikut," ungkapnya. 

Sedangkan untuk proses kreasi video klip single "The Truth Is Coming Out" The Brandals mempercayakan kepada sutradara muda berbakat yang telah berpengalaman menggarap video klip musisi terkenal yakni Kathleen Malay untuk menginterpretasi tema lagu melalui visinya.

"Walaupun tergolong muda, Kathleen sudah mencapai sukses kritikal lewat karya video-nya diantaranya adalah Rich Brian, Gabber Modus Operandi, Ras Muhamad," terangnya.

Untuk artwork yang sangat aesthetic dan sarat makna, The Brandlas menyerahkan sepenuhnya penggarapan artwork untuj menginterpretasikan "The Truth Is Coming Out" kepada Isnandito Henri Saputro seniman muda asal Yogyakarta. 

Sebagai informasi bahwa resmi menggunakan nama The Brandals sejak tahun 2003, sebelumnya menggunakan nama The Motives pada tahun 2001. Telah banyak karya album yang telah di keluarkan oleh The Brandals.

Di antaranya, The Brandals (2003), Audio Imperialist (2005), Brandalisme (2007), DGNR8 (2010), single "Retorika" (2018) dan yang terbaru single "The Truth Is Coming Out" (2020).

Beberapa kali gonta-ganti personel, The Brandals temukan racikan yang pas hingga sampai saat ini yakni Eka Annash (vokal), PM Mulyadi (gitar), Tony Dwi Setiaji (gitar), Raditya Syaharzam (bass) dan Firman Zaenudin (drum).