Ilustrasi tamu tak diundang masuk kedalam rumah (istimewa)
Ilustrasi tamu tak diundang masuk kedalam rumah (istimewa)

MALANGTIMES - Aksi pencurian di sebuah rumah ketika ditinggal pemiliknya menjalankan ibadah di Masjid terjadi di kawasan Jalan Sultan Hadiwijaya, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Selasa (6/10/2020). Korbannya adalah Ali Mahmud (51) warga kelahiran Lumajang.

Saat itu, korban sekitar pukul 11.30 WIB meletakkan Handphone (HP) miliknya di ruang paviliun rumah dan sedang dicas. Sedangkan hp milik kakak iparnya diletakkan di meja ruang tengah. Setelah itu, korban kemudian pergi ke masjid untuk melaksanakan salat. Namun begitu kembali, ia mendapati jika HP kakak iparnya yang berada di ruang tengah telah hilang.

Dari situ, dia kemudian mencoba mengambil hp miliknya untuk menelepon HP kakak iparnya itu. Namun alangkah kagetnya, ia juga mendapati HP yang ia cas juga telah hilang.

"Kakak saya waktu itu pas mandi, pintu depan, pintu samping dan pintu pagar juga dalam keadaan buka, karena memang kan kita jualan makanan mas," jelas Ali Mahmud saat ditemui di kediamannya beberapa saat lalu.

Ia yang binggung, mendapati tiga buah HP hilang ketika ada di dalam rumah, yakni dua HP merek Xiaomi dan juga satu HP merek Oppo, kemudian menanyakan keberadaan HP miliknya kepada anaknya yang berada di dalam kamar. Namun saat itu, anak korban juga tidak mengetahui keberadaan HP miliknya.

"Kalau anak-anak waktu itu di dalam kamar, kamarnya juga tertutup, jadi nggak tau ada yang masuk. Apalagi tetangga depan juga kosong, jadi pas sepi, di sini nggak terpasang CCTV jadi nggak tau siapa yang masuk," bebernya.

Setelah itu, ketiga HP tersebut kemudian coba untuk dihubungi, namun ketika dihubungi ketiga HP tersebut telah tidak aktif. Lantaran menjadi korban pencurian, lantas korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Malang Kota. Saat ini kasusnya masih dalam penyelidikan. "Kalau kerugian nominalnya kurang lebih sekitar Rp 12 jutaan," ujarnya.

Sementara itu, kasus pencurian HP saat ditinggalkan pemiliknya pergi ke masjid yang tak jauh dari rumah, juga terjadi di sebuah rumah di Jalan Bandulan gang IV, Kelurahan Bandulan, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Di situ, pelaku pencurian menggasak Samsung A9 milik seorang bocah Sekolah Dasar (SD) bernama DM (12) yang diletakkan di ruang tamu rumahnya dan ditinggal pergi ke Masjid dekat rumah untuk menjalankan salat asar.

Kejadian tersebut terjadi pada Kamis (8/10/2020). Diduga pelakunya adalah orang yang berpura-pura lewat di depan rumah korban. Akibat kejadian tersebut, korban menderita kerugian sekitar Rp 2,5 juta.