Ilustrasi jargon penyanyi dangdut populer (Dribbble/Wade Harris)
Ilustrasi jargon penyanyi dangdut populer (Dribbble/Wade Harris)

MALANGTIMES - Setiap kali mendengarkan lagu dangdut, tentunya seringkali mendengar kata-kata lucu atau istilah unik dari para penyanyi dangdut. Kata-kata lucu dan unik yang diucapkan penyanyi dangdut tersebut juga seringkali viral dan banyak menjadi pembahasan serta ditirukan oleh masyarakat.

1. Assololey Icik-icik Ehem

Baca Juga : Ada Cerita Misteri Menyeramkan: Wisata Kali Mas Sebalor yang Pernah Hits Kini Sepi

Ya mulai dari kata-kata "assololey icik-icik ehem" yang dipopulerkan oleh penyanyi dangdut asal Kota Nganjuk, yakni Eny Sagita. Dari setiap panggung ke panggung setiap kali ia tampil, kata tersebut tak pernah lupa ia lontarkan.

Kata-kata tersebut kemudian terngiang di telinga para penggemar Eny Sagita. Dari situ para penggemarnya pun juga seringkali mengucapkan kata-kata yang diucapkan oleh Eny Sagita hingga ahkirnya semakin viral. Kata-kata "assloley icik-icik ehem" sendiri viral kisaran tahun 2010 hingga 2014-an.

Sementara itu, menurut Eny Sagita, dikutip dari Kapanlagidotocom, kata-kata "assloley icik-icik ehem" sendiri tidaklah memiliki arti. Kata tersebut hanya merupakan jargon penyemangat. Sehingga dari situ, masyarakat bebas mengartikan tentunya dengan hal yang berkaitan hal positif.

2. Buka Sitik Jos

Kemudian setelah itu, kata-kata yang dipopulerkan penyanyi dangdut putri dari Anisa Bahar yakni Juwita Bahar. Lewat lagu berjudul "Buka Sitik Jos" mengantarkannya menjadi penyanyi yang semakin dikenal oleh kalangan masyarakat. Terlebih lagi, lagu tersebut juga seringkali diputar di sebuah stasiun tv.

Judul lagu tersebut kemudian menjadi sebuah kata-kata viral yang seringkali diucapkan oleh kalangan masyarakat sebagai candaan setiap kali tengah berkumpul. Kata-kata ini sendiri populer sekitar tahun 2013an.

3. Icik Iwir

Selanjutnya adalah kata-kata "icik iwir". Ya kata ini merupakan kata yang pertama kali diucapkan oleh penyanyi dangdut Citra Marcelina. Kata yang diucapkannya semkain bertambah populer setelah dua artis, seperti Soimah seringkali mengucapkan kata "icik iwir" dalam sebuah program televisi nasional.

Bukan hanya Soimah, komedian Andre Taulany juga semakin mempopulerkan kata-kata tersebut setelah ia mengucapkannya dalam program televisi yang ia bawakan. Dilansir dari detikdotcom, Citra Marcelina mengakui semakin naik daun setelah jargon miliknya diucapkan oleh dua artis tersebut.

4. Dangdut Kriminal, Tidak Goyang Barbel Melayang

Ada lagi, istilah kata-kata lucu yang sempat populer yakni "Dangdut Kriminal, tidak goyang barbel melayang". Ya istilah atau kata itu dipopulerkan oleh penyanyi dangdut berbadan atletis dan berambut gondrong, Agung Hercules.

Dalam setiap penampilan Agung, baik di televisi maupun offair, ia seringkali mengucapkan kata-kata itu di hadapan penontonnya. Karena lucu dan unik, kata-kata tersebut kemudian viral dan semakin viral kala seringkali diucapkan oleh masyarakat.

Baca Juga : 5 Orang Menderita Penyakit Langka,Hidup di Gelembung Plastik hingga di Air Selama 20 Tahun

Kata-kata tersebut viral sekitar tahun 2011an, di mana saat Agung Hercules mengeluarkan lagu berjudul Astuti. Namun sayangnya, kata-kata tersebut tak bisa lagi terdengar. Sebab, empunya kini telah wafatnya.

5. Sing Semangat, Jaga Mood, Berdoa

Ya kata yang merupakan pesan penyemangat tersebut sempat viral baru-baru ini. Kata-kata tersebut pertama kali diucapkan oleh Dory Harsa pada Nella Kharisma dalam video clip Banyu Moto. Namun kini kata-kata tersebut semakin viral dan banyak diucapkan oleh masyarakat dan malah menjadi jargon saat kedua penyanyi yang kini telah menikah tersebut tampil.

6. Tarik Sis Semongko

Ya kata-kata tersebut belakangan ini viral di tik tok dan media sosial lainnya, berawal dari ketidaksengajaan. Kian bertambah viral setelah sebuah video editan yang tersebar di media sosial di mana kalangan masyarakat tertentu menggelar kegiatan dangdut di tengah masa pandemi.

Namun, ternyata penyanyi dangdut yang pertama kali mempopulerkan jargon tersebut adalah Anggun Pramudita. Kata 'Tarik Sis, Semongko' yang diucapkan saat menyanyikan lagu Bunga, diikuti irama rancak ala musik dangdut semakin membuatnya diingat masyarakat.

Sementara itu, mengenai makna kata tersebut, dikutip dari Tribunnews, jika jargon tersebut merupakan penyemangat. Kata tarik merupakan aba-aba untuk dimulainya musik dengan irama gendang.

Sis sendiri merupakan sebuah nama seseorang teman dari Anggun Pramudita. Sedangkan semongko sendiri memiliki arti semacam yel-yel dari MC untuk meredam suasana yang panas.