Buruh Mogok di Sidoarjo Tolak UU Cipta Kerja hingga Robohkan Pembatas Jalan

Oct 06, 2020 16:10
Mogok  buruh di Sidoarjo. (Foto: Screenshoot)
Mogok buruh di Sidoarjo. (Foto: Screenshoot)

MALANGTIMES - Para buruh di Indonesia Selasa (6/10/2020) hari ini telah melakukan aksi demo atau mogok nasional.  Aksi tersebut sebagai bentuk penolakan disahkannya Omnibus Law RUU Cipta Kerja dalam rapat paripurna DPR pada Senin (5/10/2020). 

Salah satu daerah yang dipadati para buruh dalam aksi mogok ini adalah Sidoarjo, Jawa Timur.  Video para buruh melakukan mogok itu pun beredar melalui pesan WhatsApp. 

Dalam video yang beredar, tampak para buruh yang akan siap melakukan mogok.  Mereka kompak berangkatbbersama-sama mengendarai motor serta membawa bendera berwarna biru.

Dalam video berdurasi 14 detik itu, dikatakan oleh salah seorang buruh, mereka akan bersama-sama berangkat ke gedung DPRD Sidoarjo. “Sidoarjo melaporkan hari ini mogok nasional aksi bergerak menuju DPRD Sidoarjo,” ujarnya dalam video itu. 

Lalu dalam video kedua tampak ratusan buruh yang mulai melakukan aksi mereka hingga mendorong pembatas jalan. 

Gambar
Foto: Screenshoot

Mereka pun berteriak sambil berlarian menuju gedung sebuah pabrik.

Dalam video itu tampak beberapa petugas kepolisian yang berusaha mencegah aksi para buruh tersebut.  Namun,  jumlah  buruh terlihat lebih banyak daripada polisi yang bertugas.

Berhasil masuk ke dalam pabrik, para buruh itu lantas meminta dan mengajak buruh lain yang rupanya masih bekerja di dalam ruangan untuk melakukan proses produksi.  Mereka meminta agar buruh-buruh yang masih ada di dalam pabrik untuk berhenti dan mengikuti aksi mogok. 

Terdengar teriakan para buruh yang mayoritas perempuan berteriak ketika rekan-rekannya meminta menghentikan proses produksi. Namun belum diketahui detail di pabrik apa aksi itu terjadi. 

 

Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru