Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Adegan mengejar dan menghukum para dukun bukan hanya marak di sinetron. Saat ini, aksi tersebut juga marak dijadikan konten di YouTube.

Berbagai Youtuber yang kebanyakan berasal dari kalangan santri dan pengasuh pondok pesantren tak ketinggalan menyuguhkan aksinya mengusir jin hingga mengajak duel para dukun.

Baca Juga : Polres Blitar Ringkus Penghina Polisi di Facebook, Pelaku Gunakan Foto Orang Lain

 

Sebut saja Gus Idris. Pengasuh Pondok Pesantren Thoriqul Jannah di Ngajum ini sempat menggegerkan publik di Malang lantaran aksinya mendatangi seorang dukun cabul yang telah berbuat tidak senonoh kepada pasiennya. Bukan hanya itu. Gus Idris juga kerap mendatangi dukun yang berbuat hal tak baik.

Menariknya, Gus Idris sering mempertontonkan aksinya tersebut secara langsung. Sehingga membuat penontonnya melihat kejadian pada waktu yang hampir bersamaan. Aksinya itu pun mengundang banyak orang untuk menonton setiap konten yang disuguhkan.

Sampai dengan saat ini, Gus Idris Official sudah memiliki 697 ribu subscriber. Akun channel tersebut diketahui bergabung sejak 21 September 2019 dan secara keseluruhan video yang diunggah Gus Idris telah ditonton lebih dari 76 juta kali.

Bukan hanya Gus Idris. Aksi mengejar dukun juga ditunjukkan Gus Udin melalui channel YouTube Padepokan Nur Dzat Sejati. Sederet video yang disuguhkan di dalamnya berkaitan dengan aksi mengejar para dukun yang melancarkan ilmu hitam.

Sederet aksi Gus Udin dalam mengalahkan dukun pun banyak ditonton di YouTube. Bergabung sejak 23 Februari 2019, channel Padepokan Nur Dzat Sejati sudah memiliki 268 ribu subscriber dan keseluruhan video secara total sudah ditonton lebih dari 28 juta kali.

Selanjutnya ada channel YouTube Kang Ujang Busthomi. Ustaz Ujang sendiri merupakan pemimpin Padepokan Anti-Galau di Cirebon. Bergabung sejak 12 Januari 2020, channel Kang Ujang Busthomi tersebut telah memiliki 3,91 juta subscriber dan seluruh video secara keseluruhan telah ditonton lebih dari 455 juta kali.

Kang Ujang Busthomi sering menunjukkan aksinya yang berduel secara kasat mata dengan para dukun di berbagai wilayah, baik di Cirebon sendiri maupun wilayah lain di sekitarnya hingga Jawa Timur. Beberapa videonya bahkan menunjukkan luka yang dialami Ustaz Ujang usai berduel dengan para dukun yang menolak bertaubat.

Channel yang menyuguhkan aktivitas mistis dan mengusir jin juga sudah lama ramai diperbincangkan dari channel YouTube Ningsih Tinampi. Ahli pengobatan alternatif dari Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, itu viral saat aksi pengobatannya banyak diunggah melalui media sosial.

Dalam rekam jejaknya di YouTube, Ningsih Tinampi bergabung dengan YouTube sejak 7 Agustus 2018. Dari ribuan video yang diunggah di dalamnya, channel YouTube Ningsih Tinampi tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 477 juta kali. Sampai sekarang, Ningsih Tinampi memiliki 2,78  juta subscriber.

Berikutnya juga ada channel YouTube Bang H Ridwan yang beberapa kali berkolaborasi dengan Kang Ujang Busthomi. Video yang disuguhkan pun masih berkaitan dengan hal mistis seperti perburuan hantu.

Baca Juga : Lagi, Seorang Bandar Judi Dadu Kembali Diringkus Polisi

 

Channel YouTube Bang H Ridwan ini sendiri terbilang lebih lama bergabung ketimbang channel YouTube yang lain. Soalnya, Bang H Ridwan bergabung pada 3 Juli 2016 dan saat ini sudah memiliki 63,2 ribu subscriber dengan jumlah penonton lebih dari lima juta.

Berikutnya ada channel YouTube Gus Nur Syamsun yang juga sering melakukan live streaming atau siaran langsung saat mendatangi para dukun. Beberapa videonya menunjukkan jika ia berduel dengan beberapa dukun secara kasat mata.

Channel YouTube Gus Nur Syamsun sendiri sudah ada sejak 13 April 2015 lalu. Sederet video yang diunggah selalu ditonton puluhan hingga ratusan ribu kali. Total, sudah lebih dari  18 juta kali video-video yang diunggah telah ditonton.

Selanjutnya ada channel YouTube DC Sejati yang juga kerap menunjukkan aksi mendatangi alam gaib dan disiarkan secara langsung. Channel yang diketahui dikelola dari Sumatera Selatan itu telah bergabung sejak 22 Februari 2020 dan telah memiliki 559 ribu subscriber. Video yang diunggah secara keseluruhan telah ditonton sebanyak lebih dari 45 juta kali.

Kemudian ada channel YouTube Teuku Iqbal Johard. Akun tersebut bergabung sejak 6 Oktober 2011 dan sekarang telah memiliki 359 ribu subscriber. Total video yang diunggah telah ditonton lebih dari 43 juta kali.

Sama seperti YouTuber lainnya, channel YouTube Teuku Iqbal Johard ini juga sering menunjukkan aksinya secara langsung. Sehingga banyak menarik perhatian para penonton setianya. Satu unggahan videonya bisa ditonton hingga 19 ribu kali. Ia juga kerap mempertontonkan aksinya bertemu atau berbincang dengan makhluk halus.

Nah, itu dia beberapa channel YouTube yang banyak mengulas tentang dunia gaib. Jumlah penonton dan subscriber masing-masing channel pun terbilang sangat fantastis. Bagaimana? Tertarik membuat channel yang sama?.