Bapaslon Independen, Heri Cahyono (kanan) dan Gunadi Handoko saat ditemui awak media seusai menjalani tes psikologi dan wawancara di RSSA, Kota Malang, Kamis (1/10/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)
Bapaslon Independen, Heri Cahyono (kanan) dan Gunadi Handoko saat ditemui awak media seusai menjalani tes psikologi dan wawancara di RSSA, Kota Malang, Kamis (1/10/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)

MALANGTIMES - Dinyatakan negatif Covid-19, Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Waki Bupati Malang dari jalur independen Heri Cahyono - Gunadi Handoko di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2020, akhirnya bisa melanjutkan proses pendaftaran. 

Heri Cahyono yang akrab dipanggil Sam HC dengan wakilnya mengikuti  tes tulis psikologi dan wawancara di RSSA, Kamis (1/10/2020). "Ada lima jenis tes tulis psikologi sama wawancara biasa. Kayaknya berhubungan dengan apa yang kita tulis masalah psikologi kita saja. Mulai 07.30 WIB kita start, terus selesai fase pertama saya 11.10 WIB, Pak Gun 11.30 WIB," jelasnya.

Baca Juga : Polres Malang Siapkan 12 Pengawal Pribadi untuk Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati

Setelah itu diberikan waktu istirahat untuk melaksanakan ibadah salat dan makan. Kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara yang dimulai sejak pukul 12.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Sam HC mengatakan bahwa tidak terdapat kendala dalam pengerjaan soal maupun wawancara. "Nggak ada kendala, wong kita murid yang cerdas," ucapnya sambil tertawa.

Sementara itu untuk persiapan pelaksanaan tes kesehatan yang akan dijalani oleh Sam HC dan Sam Gunadi pada hari Jumat (2/10/2020), Sam HC mengatakan bahwa tidak terdapat persiapan khusus. Malah ia masih ingin mengendarai motor trail kesayangannya.

"Nggak onok (persiapan khusus, red), pingin ngetrail sakjane rek. (Nggak ada persiapan khusus, ingin ngetrail sebenarnya rek)," terangnya diikuti gelak tawa awak media bersama Sam HC.

Sam HC juga menambahkan bahwa dari pihak RSSA menyarankan untuk melakukan puasa hingga menjelang tes kesehatan pada hari Jumat (2/10/2020) sekitar pukul 07.00 WIB. "Disuruh puasa. Hari ini aku puasa rek karena senin kamis. Nanti mulai jam 10 malam paling lambat sampai besok," pungkasnya.

Baca Juga : Dapatkan Nomor Urut Dua, LaDub Tak Ubah Simbol Dua Jari yang Sudah Jadi Ikon

Untuk diketahui, perjalanan pasangan bapaslon jalur independen untuk mendaftar di Pilkada Kabupaten Malang cukup berliku. Mulai dari verifikasi faktual perbaikan yang sempat bermasalah dan mengajukan gugatan, akhirnya dikabulkan oleh Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Malang. Jadwal tahapan untuk Bapaslon Independen akhirnya mundur.

Selain terkait verifikasi faktual perbaikan, Bapaslon Independen juga sempat terkendala karena Bakal Calon Bupati (Bacabup) Heri Cahyono sempat dinyatakan positif Covid-19 yang membuat tes kesehatan jasmani dan rohani Bapaslon Independen mundur.

Bacabup Heri Cahyono atau yang akrab disama Sam HC akhirnya melakukan tes Swab sebanyak dua kali di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA). "Dua kali swab, jadi tanggal 29 saya Swab di sini (RSSA, red) hasilnya negatif. Diulangi lagi Tanggal 30 hasilnya negatif juga. Maka dari hasil negatif itu kemudian dilaksanakan tes berikutnya, psikologi dan kesehatan," ungkapnya ketika ditemui awak media di RSSA, Kota Malang, Kamis (1/10/2020).