Seorang Santri hafalkan Al-Qur'an dalam kondisi kritis (Foto: Screenshoot)
Seorang Santri hafalkan Al-Qur'an dalam kondisi kritis (Foto: Screenshoot)

MALANGTIMES - Namanya Muhammad Ibrahim Wafiq, akrab dipanggil Baim. Ia berusia 10 tahun. Baim mendadak viral saat melantunkan Al-Qur'an meski dalam kondisi kritis. Saat itu, Baim terbaring lemah di ranjang rumah sakit.  

Namun dengan kondisinya yang dibantu oleh peralatan medis, Baim tetap melafalkan Al-Qur'an dengan lantang. Sayangnya Allah SWT berkehendak lain mengenai nasib Baim. Santri Rumah Tahfidz Al Qur’an Az zahra Perwira, Bekasi Utara, Kota Bekasi, dikabarkan meninggal dunia.

Baca Juga : Al-Qur'an Dirobek Hingga Coretan Anti Islam, Aksi Vandalisme di Musala di Tangerang Ini Bikin Publik Geram

Putra dari pasangan suami istri Fajar Hasan dan Ika Meinawati ini menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (30/9/2020).  

Ibunda Baim mengatakan, jika kondisi sang putra kembali drop pada Rabu dini hari.  

tribunnews
Foto: Dok Pemkot Bekasi

"Kondisinya drop mendadak, dua jam setengah. Sekitar jam 2 meninggal," ujar Ika.  

Baim meninggal dunia lantaran ia mengidap penyakit tumor ganas yakni tumor wilms atau tumor ginjal. Mendengar diagnosa dari rumah sakit, Baim pun sempat menjalani kemoterapi. Namun, perubahan hanya ada di benjolan pinggang sebelah kiri saja.  

Jenazah Baim pun sempat dibawa ke rumah duka di Jalan Raya Seroja, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Bekasi. Hingga akhirnya, pukul 11.30 WIb, jenazah Baim disalatkan di musala dekat rumahnya.  

Baim pun dimakamkan di pemakaman keluarga yang tak jauh dari rumah duka.  

Lantunan doa dan isak tangis keluarga mengiringi kepergian bocah yang memiliki cita-cita menjadi hafiz atau penghafal Al-Qur'an itu. Yang lebih menyedihkan, Baim sempat memberi pesan terakhir kepada ayah dan ibunya. Bocah 10 tahun itu meminta agar ayah dan ibunya tetap tegar menghadapi ujian Baim yang tengah menderita sakit parah.  

Baca Juga : Bocah SD di Kabupaten Malang Meninggal Terlindas Truk

"Dia bilang ke orang tuanya 'ayah dan ibu, Baim sudah ikhlas, ayah dan ibu juga harus ikhlas dan kuat.' Malah dia yang menguatkan ayah dan ibunya," tutur Umar.

Umar juga menyebut jika Baim selalu membaca salawat, zikir dan takbir saat kondisinya kritis selama di rumah sakit.

tribunnews
Foto: Tribun Jakarta

Sebelumnya, video Baim tetap menghafal Al-Qur'an meski dalam kondisi kritis beredar di media sosial dan viral. Bocah kecil itu berasal dari Bekasi, Jawa Barat. Ternyata Baim merupakan salah satu santri di Rumah Tahfidz Al Qur’an Az zahra Perwira. Ia bercita-cita ingin menjadi hafidz Qur'an.

"Kepada Ayah dan Bunda Guru PAI, salah satu santri kami yg belajar di Rumah Tahfidz Al Qur’an Az zahra Perwira, Bekasi Utara,Kota Bekasi namanya Ibrahim biasa dipanggil Baim, mempunyai cita cita hafidz 30 Juz sehingga bisa memberikan mahkota ayah bundanya, sekarang baru selesai Juz 30 dan sdg menyelesaikan Juz 29 namun ananda sekarang sedang sakit parah dan tdk sadarkan diri akan tetapi mulut dan akalnya tdk berhenti tuk melantunkan Al Quran,,,Allaahummarhamna bil Qur'an," begitu bunyi informasi yang beredar.