Wartawan media ini mencoba Nasi Tempong Srikandi di depan Stasiun Kotabaru. (Foto: Amin/MalangTIMES)
Wartawan media ini mencoba Nasi Tempong Srikandi di depan Stasiun Kotabaru. (Foto: Amin/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Buat kalian yang doyan pedas, tidak makan kalau tidak pedas, coba yang namanya Nasi Tempong Srikandi. Racikan sambalnya benar-benar beda. Pedasnya nendang dan menampar lidah. Nasi Tempong Srikandi bakal bikin kalian ketagihan terus buat makan!

 

Sebagian dari kalian barangkali sudah mengetahui bahwa nasi tempong adalah kuliner khas Banyuwangi. Nasi tempong juga menjadi kuliner favorit wisatawan di Bali. Di mana ada nasi tempong, di situ biasanya ramai sekali.

Nah, warung nasi tempong yang kini sudah hadir di Malang namanya Nasi Tempong Srikandi. Lokasinya di tengah-tengah kota Malang, di depan Stasiun Kotabaru.

Baca Juga : Jaga Cita Rasa, Lalapan Cak Tomo Langganan Pejabat dan Pesepakbola

 

Wartawan media ini pun penasaran, apa sih beda nasi tempong dengan lalapan lain? Toh di Malang juga tak kurang warung-warung dengan sambal-sambal pedas.

"Tempong ini rasa pedasnya seperti ditampar. Ini yang bikin penasaran dan bikin nagih orang," ujar Muhammad Sofiyullah, owner Nasi Tempong Srikandi.

Maka dari itu, wartawan media ini mencoba menjajal dua menu spesial di sana, yaitu nasi tempong gurami dan nasi tempong bebek.

Ternyata, sewaktu pesanan datang, Nasi Tempong  Srikandi memang beda. Isinya macam-macam. Ada nasi putih dan lauk yang terlihat yummy. Lalu ada sayuran rebus yang cukup komplet, mulai dari bayam, labu, mentimun, kacang panjang, terong. Ditambah lagi tahu tempe goreng serta ikan asin. Dan yang paling spesial adalah sambalnya yang terlihat begitu segar dengan jeruk purut di atasnya.

Aroma sedapnya membuat wartawan media ini tidak sabar buat melahapnya. Dan tidak salah kalau menu gurami menjadi salah satu menu favorit para pelanggan. 

Gurami di Nasi Tempong Srikandi tidak memiliki bau amis sama sekali. Ditambah lagi waktu dimakan ada sensasi krenyes-krenyes. Makin nikmat ketika dicocol dengan sambal tempong yang pedasnya menggigit lidah.

Sambal Tempong Srikandi berbeda dengan sambal-sambal pada umumnya. Sangat pedas tapi juga segar. Hal ini tak mengherankan karena sambal Nasi Tempong Srikandi  dibuat dengan bahan-bahan yang berkualitas. Mulai dari cabai rawitnya, terasinya, hingga pakai tomat ranti, jenis tomat yang permukaannya bergelombang yang memiliki cita rasa asem yang khas. Ketika makan sambalnya, jangan lupa dikucuri dengan jeruk purutnya. Sedap dan puedas!

"Sambalnya menendang sekali karena sambal kami dari cabainya yang berbeda.btomatnya juga beda. Di sini ada tomat ranti. Kami  carikan yang berkualitas. Terasinya juga khusus yang rasanya juga berbeda," papar Sofiyullah.

Bebeknya juga tak kalah enak. Matang dan sedapnya meresap sampai ke tulang. Anda juga wajib mencoba ikan lelenya. Ikan lele Nasi Tempong Srikandi  yang digoreng kering lalu dicocolkan sambal dan petai akan nikmat disantap terutama di siang hari.

Baca Juga : Sensasi Sambal Lalapan Boge Bikin Kangen, Dikenal karena Pelesetan Namanya

 

"Menu andalan kami yang pasti sambal yang pertama. Yang kedua kalau siang-siang gini, ikan lele digoreng kering terus dicocolkan sambal dan petai ini uenak sekali. Ada juga ikan tuna, gurami, bebek, ayam kampung, dan lain sebagainya. Banyak sekali," timpal Sofiyullah.

Ya, ada banyak pilihan lauk yang bisa dijajal di sini. Mulai dari telur, ayam, ati/ampela, lele, patin, mujair, tuna, gurami, udang, dan lain-lain.

Kalian semua wajib coba! Mulai dari wisatawan, orang-orang kantor yang butuh makan siang, hingga anak-anak muda. Kenyangnya, sedapnya, pedasnya tidak bakal mengecewakan! Terlebih rencananya akan dibuka 24 jam.

"Harapan kami ke depan untuk resto pastinya kami harus terus berkembang. Rencananya kami bikin manajemen ini sebagus mungkin sehingga kami bisa buka banyak cabangnya. Suasana covid-19 ini kami harus bertumbuh karena banyak chef yang nganggur supaya mereka bisa bekerja kembali," kata Sofiyullah.

Sebagai informasi, terdapat promo gratis 1.000 porsi untuk menu nasi tempong telur. Promo ini berlaku mulai tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2020 dan berlaku hanya untuk makan di tempat, ya. Lokasi Nasi Tempong Srikandi berada di Jalan Trunojoyo No 02 depan Stasiun Kotabaru Malang.