Terminal Madyopuro Kota Malang Bersaing Menjadi Terminal Sehat

Sep 22, 2020 14:02
Proses verifikasi lapangan terminal sehat oleh tim juri dari Dinkes dan Dishub Provinsi Jatim untuk di kawasa terminal Madyopuro Kota Malang, Selasa (22/9). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Proses verifikasi lapangan terminal sehat oleh tim juri dari Dinkes dan Dishub Provinsi Jatim untuk di kawasa terminal Madyopuro Kota Malang, Selasa (22/9). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Terminal Angkutan Penumpang Tipe C Madyopuro Kota Malang tengah bersaing untuk menjadi percontohan nasional terminal sehat di Indonesia.

Namun, untuk mewujudkan itu, sistem kolaborasi antara Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang harus dijalankan. Berbagai fasilitas kesehatan dihadirkan untuk memenuhi kategori sebagai terminal sehat.

Baca Juga : Viral Kisah Sekeluarga di Sidoarjo Terpapar Covid-19, Ayah-Ibu Meninggal Selang 30 Menit

 

Mulai dari area lokasi yang harus bersih, area kantin terkait makanan dan penyediaannya yang harus sehat, pemantauan dari pengelola dan petugas, hingga penyediaan ruang laktasi untuk ibu dan anak.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan selain fasilitas di bidang kesehatan, hal lain yang akan diunggulkan nantinya dengan memberikan rest area di kawasan Terminal Madyopuro. Nantinya, wisatawan yang datang dan ingin transit sejenak bisa memanfaatkan fasilitas di area terminal.

"Kami harapkan setelah lomba ini nanti ada pembenahan-pembahan lagi. Penguatannya seperti apa, kami inginkan agar Terminal Madyapuro ini bisa semakin asri. Tamannya juga kalau bisa lebih dihidupkan lagi. Ditambah lagi di sini nantinya akan dijadikan rest area juga," ujarnya.

Lebih jauh, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Hadi Priyanto mengatakan fasilitas pendukung lainnya juga dihadirkan. Mengingat saat ini masih di masa pandemi Covid-19. Seperti tempat cuci tangan di area terminal, bahkan setiap angkot dibekali dengan hand sanitizer dan wajib jaga jarak saat membawa penumpang.

"Terminal Madyapuro ini termasuk dalam terminal C+. Dan banyak terminal C yang mulai langka. Di sini kami ingin menjadi percontohan untuk terminal lainnya agar bisa tetap eksis meskipun di saat seperti ini," kata Handi.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Kota Malang Sri Winarni menyatakan berkaitan dengan tata kesehatan sistem kolaborasi dijalankan. Yakni dengan melakulan pembinaan terhadap pengelolanya. Sehingga, ke depan setiap terminal di Kota Malang bisa menerapkan protokol kesehatan dan menjamin kesehatan di lima pilar.

"Kita dari Dinas Kesehatan kepada seluruh OPD termasuk di terminal itu melakukan upaya pembinaan terkait dengan ini. Dengan mengupayakan kepada lima pilar, antara lain pengunjung, penumpang, pengemudi, pengelola, serta pelaku usaha. Sehingga mereka yang ada di sini itu terjamin kesehatannya," ungkapnya.

Baca Juga : Viral, Video CCTV Ungkap Kronologi Meninggalnya Ketua Muhammadiyah di Masjid

 

Dalam kesempatan kali ini, BPTD wil XI Jatim perwakilan Kemenhub, Mulia Utama Putra Siregar mengatakan perlombaan untuk terminal sehat ini merupakan kerja sama antara Kemenkes dengan Kemenhub.

Langkah ini dilakukan untuk menciptakan suasana terminal dengan berbagai fungsi dan fasilitas untuk mempermudah masyarakat dan tetap terjaga kebersihannya.

"Karena di masa pandemi tentu kriteria utamanya harus sesuai dengan protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak, penyediakan handsanitizer serta memberikan fasilitas pendukung kesehatan seperti ruang laktasi ibu menyusui harus tersedia di terminal," jelasnya.

Perlombaan ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur khusus tipe C, yakni Terminal Blitar, Ngawi, Situbondo dan Kota Malang. "Setelah verifikasi lapangan ini kami akan mengambil juara yang akan diajukan ke tingkat nasional," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Terminal Madyopuroterminal sehat nasionallomba terminal sehatWali Kota MalangSutiajiDinas Kesehatan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru