Razia di lakukan di warung-warung yang biasanya ramai pengunjung.
Razia di lakukan di warung-warung yang biasanya ramai pengunjung.

MALANGTIMES - Kesadaran masyarakat Kota Madiun akan bahaya penyebaran Covid-19 semakin meningkat. Itu terbukti dari razia rutin yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Pemkot Madiun tidak banyak menemukan pelanggar. Razia tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Sat Pol PP Pemkot Madiun Sunardi Nurcahyo, pada Sabtu malam 19/9/2020. 

Menurut Sunardi, pelanggar protokol kesehatan di Kota Madiun makin menurun dari hari ke hari. "Alhamdulillah jumlah pelanggar yang kita temui semakin menurun artinya dari upaya razia penegakan protokol kesehatan yang rutin kita lakukan setiap hari membuahkan hasil," ungkapnya

Petugas memang turun setiap hari untuk menertibkan pelanggar perwal 39/2020. Dari hasil penegakan protokol kesehatan awal di terapkannya Perwal tersebut jumlah pelanggaran memang cukup tinggi setidaknya terdapat 28 pelanggar. Namun di hari berikutnya jumlah pelanggar terus menurun menjadi 13 pelanggar kemudian 8 pelanggar turun lagi tinggal 3 dan malam minggu ini petugas tidak menemukan seorang pun warga yang melanggar protokol kesehatan. Ungkapnya

Malam minggu biasanya banyak masyarakat yang keluar ke Kota Madiun. "Sengaja kita gelar operasi lebih awal namun, masyarakat sudah cukup tertib dalam menerapkan protokol kesehatan" imbuhnya.

Dalam Perwal 39/2020 tersebut memang dicantumkan sanksi bagi pelanggar yakni kerja sosial. Tak heran kadang muncul masyarakat yang tiba-tiba menyemprotkan disinfektan. "Sanksi juga bisa berupa pembelian masker maupun cairan disinfektan untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat Pemerintah Kota Madiun," tambahnya.

Kami bersama instansi terkait juga menggelar operasi yustisi beberapa waktu terakhir. Operasi ini juga mengacu Perbup Jawa Timur yang didalamnya mengatur terkait sanksi administrasi.

“Harapan kami protokol kesehatan ini membudaya di tengah masyarakat. Jadi, ada dan tidaknya petugas maupun aturan masyarakat bisa tertib menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.