Peta sebaran Covid-19 di Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)
Peta sebaran Covid-19 di Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Angka pasien terkonfirmasi positif terus mengalami lonjakan di Kota Batu hingga Sabtu (19/9/2020). Dalam sehari pasien konfirm ada tambahan enam orang, bahkan angka meninggal dunia dan zona merah terus bertambah.

“Tambahan pasien terkonfirmasi positif ada 6 orang, dan meninggal dunia satu orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Baca Juga : 31 Warga Pondok Pesantren Al-Izzah Kota Batu Terkonfirmasi Positif Covid-19

Dengan bertambahnya 6 kasus baru itu, angka kumulatif kini menjadi 391 orang di Kota Batu. Kemudian angka meninggal dunia sudah mencapai 29 orang. 

Rinciannya untuk pasien yang menjalani perawatan di Kecamatan Batu sebanyak 45 orang. Dengan desa/kelurahan yang masih mendominasi adalah Desa Sumberejo sebanyak 34 orang, yang terdiri dari 31 orang di antaranya merupakan warga Al-Izzah International Boarding School.

Selanjutnya di Kecamatan Junrejo ada 26 orang, terbanyak berada di Desa Junrejo terdapat 11 orang yang menjalani perawatan. Dan Kecamatan Bumiaji totalnya ada 8 orang, namun sebaran di sana tidak ada yang mendominasi.

Lalu untuk yang meninggal dunia totalnya 29 orang, rinciannya di Kecamatan Batu sejumlah 10 orang. Di Kecamatan Junrejo ada 10 orang, dan sisanya 9 orang di Kecamatan Bumiaji.

Dengan angka kesembuhan ada tambahan 4 orang menjadi 278 orang. Kasus suspek ada tambahan satu orang menjadi 461 orang. Jumlah probable terdapat tambahan 2 orang sejumlah 36 orang. Diisolasi berkurang 20 orang menjadi 134 orang, dan discarded bertambah 31 orang menjadi 317 orang.

Sedangkan ini tercatat zona merah atau risiko tinggi ada tambahan satu desa menjadi 16 desa/kelurahan. Tambahannya ada di Desa Torongrejo yang semula zona kuning langsung merangkak menjadi zona merah.

Baca Juga : Lonjakan Tertinggi Selama Pandemi Covid-19 di Kota Batu Mencapai 37 Pasien dalam Sehari

Demikian juga pada Desa Beji dan Kelurahan Ngaglik, semula pada zona oranye kini naik tingkat menjadi zona merah. Lalu untu zona oranye atau risiko sedang ada 6 desa/kelurahan, dan menyisakan zona kuning di 2 desa/kelurahan.

Rinciannya wilayah zona merah berada di kawasan Kecamatan Junrejo yakni Kelurahan Dadaprejo, Desa Mojorejo, Desa Tlekung, Desa Torongrejo, Desa Beji, dan Desa Pendem. Lalu di Kecamatan Batu ada di Desa Pesanggarahan, Sumberejo, Kelurahan Songgokerto, Ngaglik Temas, dan Kelurahan Sisir.

Dan Kecamatan Bumiaji ada di Desa Pandanrejo, sebelumnya Desa Giripurno, Desa Punten, dan Desa Gunungsari. Menyisakan zona oranye atau risiko sedang di Desa Sidomulyo, Bulukerto, Bumiaji, Sidomulyo, Tulungrejo, dan Junrejo.

Untuk zona kuning atau risiko rendah menyisakan 2 desa menyisakan di Kecamatan Bumiaji yakni Desa Sumber Brantas, dan Desa Sumbergondo.