Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat datang dalam penyerahan bantuan ventilator di Kota Malang (Pipit Anggraeni /MalangTIMES).
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat datang dalam penyerahan bantuan ventilator di Kota Malang (Pipit Anggraeni /MalangTIMES).

MALANGTIMES - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kembali menyerahkan bantuan ventilator kepada RS rujukan Covid-19. Dalam penyerahan tersebut, total ada 11 rumah sakit rujukan di empat daerah yang mendapatkan bantuan ventilator.

Ke-11 rumah sakit itu adalah RS Wava Husada Kabupaten Malang, RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang, RS Prima Husada Kabupaten Malang, RST Soeparaoen Kota Malang, RS Lavalette Kota Malang, RSUD Syaiful Anwar Kota Malang, RS Muhammadiyah Malang, RSI Aisyah Kota Malang, RS Islam Kota Malang, RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar, dan RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Kabupaten Blitar.

Baca Juga : 31 Warga Ponpes Al-Izzah Kota Batu Lakukan Isolasi Mandiri di Pondok dengan Pengawasan

Bantuan ventilator itu secara simbolis diserahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Kota Malang, Sabtu (19/9/2020). Penyerahan bantuan tersebut merupakan yang ke enam kali.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya menyampaikan, ventilator tersebut merupakan bantuan dari USAID. Sebelumnya masing-masing rumah sakit rujukan telah mengirimkan surat kepada Pemprov Jatim untuk mendapatkan bantuan ventilator tersebut.

"Kami datang untuk menyampaikan amanah atas bantuan yang diberikan," katanya.

Keberadaan alat-alat kesehatan termasuk ventilator menurutnya amat sangat penting. Karena menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesembuhan pasien Covid-19. Melalui alat-alat kesehatan dan profesionalisme dari para tenaga kesehatan diharapkan penyebaran Covid-19 di Jatim bisa ditekan kembali.

"Kami terus koordinasikan dengan Kementerian Kesehatan mengenai keberadaan alat-alat kedokteran," katanya.

Melalui upaya penanganan Covid-19 yang terus dimaksimalkan itu, diharapkan angka kesembuhan Covid-19 di Jawa Timur terus meningkat. Karena saat ini, Jatim sendiri memiliki angka kesembuhan yang amat tinggi dibanding daerah lain.

Baca Juga : Lonjakan Tertinggi Selama Pandemi Covid-19 di Kota Batu Mencapai 37 Pasien dalam Sehari

Hal itu menurutnya tak lepas dari upaya yang dilakukan melalui berbagai fasilitas kesehatan yang diberikan. Salah satunya melalui penyediaan ruang isolasi khusus yang sudah tembus enam ribu lebih bed atau tempat tidur dan 860 ruang ICU untuk penanganan Covid-19 yang tersebar di seluruh wilayah Jatim.

Bukan hanya itu, kesembuhan yang tinggi menurutnya juga tak lepas dari dedikasi luar biasa para dokter, perawat, dan para tenaga medis lainnya. "Sehingga kami sangat berterima kasih terhadap kontribusi luar biasa yang telah diberikan para dokter, perawat, dan tenaga medis," terang mantan Menteri Sosial itu.

Sebagai informasi, total ventilator yang merupakan bantuan dari USAID untuk Jawa Timur adalah sebanyak 210 ventilator. Total dari 127 rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Malang, 102 di antaranya membutuhkan bantuan ventilator tersebut.