Update situasi Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)
Update situasi Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Penambahan pasien terkonfirmasi positif terus terjadi di Kota Batu hingga Kamis (17/9/2020). Dari data Dinas Kesehatan Kota Batu ada tambahan 4 pasien konfirm positif. “Kamis ada tambahan 4 pasien yang terkonfirmasi positif,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Dengan bertambahnya angka konfirmasi yang sebanyak 4 pasien itu, sehingga jumlah akumulatif kasus Covid-19 sudah mencapai 348 orang. Selain itu angka kematian juga ada tambahan sebanyak satu orang. “Meninggal dunia ada tambahan satu orang, seluruhnya jadi 27 orang yang tersebar di tiga Kecamatan,” imbuhnya. 

Baca Juga : 3 Jam Operasi Yustisi di Kota Batu Jumlah Denda Terkumpul Rp 1,25 Juta

Rinciannya, terbanyak ada dua Kecamatan ada 9 orang, yakni Kecamatan Batu dan Bumiaji. Dan Kecamatan Junrejo sejumlah 8 orang. Sedangkan angka kesembuhan tetap 272 orang. Lalu kasus suspek ada tambahan satu orang jadi 459 orang. Probable ada tambahan dua orang jumlahnya 26 orang.

Dengan jumlah yang diisolasi ada pengurangan yang cukup drastis sebanyak 32 orang menjadi 166 orang. Dan Discarded ada tambahan yang signifikan yakni 35 orang seluruhnya 286 orang. “Dan saat ini Kota Batu berada pada zona oranye atau risiko sedang,” ujar Chori. Dengan kawasan zona merah atau risiki tinggi tersebat di 13 desa/kelurahan. Zona oranye ada 8 desa/kelurahan, dan menyisakan zona kuning di 3 desa/kelurahan.

Rinciannya wilayah zona merah berada di kawasan Kecamatan Junrejo yakni Kelurahan Dadaprejo Desa Mojorejo, Desa Tlekung, dan Desa Pendem. Lalu di Kecamatan Batu ada di Desa Pesanggarahan, Sumberejo, Kelurahan Songgokerto, Temas, dan Kelurahan Sisir.

Dan Kecamatan Bumiaji ada di Desa Pandanrejo, sebelumnya Desa Giripurno, Desa Punten, dan Desa Gunungsari. Menyisakan zona oranye atau risiko sedang di Desa Sidomulyo, Bulukerto, Bumiaji, Sidomulyo, Kelurahan Ngaglik, Desa Beji, Tulungrejo, dan Junrejo.

Baca Juga : 600 Penghuni Ponpes Al-Izzah Kota Batu Jalani Swab Test

Untuk zona kuning atau risiko rendah menyisakan 3 desa, yakni du Kecamatan Bumiaji ada di Desa Sumber Brantas, Desa Sumbergondo, dan di Kecamatan Junrejo hanya di Desa Torongrejo.