Nissan Z Proto (Foto: Automobile Magazine)
Nissan Z Proto (Foto: Automobile Magazine)

MALANGTIMES - Nissan Z Proto resmi diluncurkan pada Rabu (16/9/2020). Peluncuran Nissan Z Proto ini menandai pembaruan mobil sport legendaris di saat Nissan juga mengubah dirinya sebagai perusahaan.  

Nissan Z Proto diplot sebagai pewaris keluarga sedan Z yang telah berusia 50 tahun. Mobil ini memberikan wujud yang terinsipirasi dari gaya retro dan berpadu dengan style modern.  

Baca Juga : Hyundai Tucson Terbaru Resmi Meluncur, Fitur-fiturnya Menggoda, Segini Harganya

Z Proto menampilkan eksterior berwarna pearlescent kuning cerah mirip dengan yang digunakan pada mobil sport aslinya. Namun aspek pewarnaan ini bukan satu-satunya sentuhan retro.  

Ada juga pada area kap mesin yang mencerminkan wujud asli dari Nissan Z yang sudah betahun-tahun menjadi khas dengan bentuk memanjang ala roadster.  

Di bagian depan masih dengan wujud lampu LED berbentuk tetesan air mata. Beralih ke area kisi-kisi atau grill depan, bentuknya tampak unik dengan pola persegi panjang.  

Begitu pula dengan garis atap dan rumah kaca yang digunakan pada mobil Z klasik. CEO Nissan Makoto Uchida, mengatakan, Z Proto akan menjadi mobil sport murni yang mewakili semangat Nissan dalam membangun.

“Ini adalah model kunci dalam rencana transformasi Nissan NEXT kami, dan ini adalah bukti kemampuan kami untuk melakukan apa yang tidak berani dilakukan orang lain,” ujar Uchida, dalam keterangan resminya.

Nissan Z Proto
Foto: Nissan Global

Meski bagian eksterior bernuansa retro, namun kabinnya benar-benar modern karena dilengkapi dengan cluster instrumen digital 12,3 inci dan sistem infotainment modern.  

Di bagian belakang terlihat modern karena terinspirasi dari 300ZX dan menampilkan lampu belakang khas.  

Mereka dibingkai oleh surround hitam dan Nissan mengatakan ini memberi lampu kesan kilau yang tajam.

Dilansir melalui Carscoops, desainer juga memasang velg 19 inci dan sistem knalpot ganda. 

Baca Juga : Fresh! Yamaha X-Ride 125 Hadirkan Tiga Pilihan Warna Baru, Segini Harganya

Selain itu ada sejumlah komponen serat karbon termasuk splitter depan, kelambu belakang, dan side skirts.  

“Pada akhirnya, kami memutuskan Z Proto harus melakukan perjalanan antar dekade, termasuk masa depan,” ungkap desainer Nissan Alfonso Albaisa.  

Desain interior mobil ini turut memadukan teknologi modern dengan sentuhan vintage. Desainer Z Proto merancang kabin mobil agar menjadi sportcar yang ideal.

Sayangnya, Nissa belum mengumumkan resmi mesin apa yang akan disematkan pada mobil ini. Namun disebutkan jika Z Proto akan mengusung mesin V6 twin-turbocharged yang disempurnakan dan dipadu transmisi manual 6-percepatan.

Kendati demikain mesin tersebut diharapkan akan dipinjam dari Infiniti Q60 Red Sport 400 dan ini berarti kita dapat mengharapkan output sekitar 400 hp (298 kW / 406 PS) dan torsi 350 lb-ft (474 ​​Nm). Ini akan menjadi lompatan yang signifikan karena 370Z saat ini memiliki mesin V6 3,7 liter dengan 332 hp (248 kW / 337 PS) dan torsi 270 lb-ft (366 Nm).

Harga dari mobil ini pun hingga kini masih belum diketahui.

Nissan Z Proto
Foto: Nissan Global