Persentase kondisi pasien covid-19 di Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)
Persentase kondisi pasien covid-19 di Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Sembilan orang pasien terkonfirmasi positif dan 12 pasien yang sembuh menambah daftar deretan kasus covid-19 di Kota Batu. Tambahan itu terjadi dalam dua hari terakhir, yakni Selasa (15/9/2020) dan Rabu (16/9/2020).

Dengan demikian, angka kumulatif pasien positif covid di Kota Batu saat ini sudah di angka 344. Rinciannya, yang  masih dirawat 46 orang atau 13 persen, sembuh  272 orang atau 79 persen, dan meninggal dunia 26 orang atau 8 persen.

Baca Juga : Kluster Keluarga Melonjak, Kota Malang Tiadakan Isolasi Mandiri

“Pada Selasa itu ada tambahan sebanyak 5 orang  Rabu tambahan sejumlah 4 orang yang positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori.

Dari jumlah positif, pasien menjalani perawatan terbanyak ada di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, sebanyak 8 orang. Sedangkan seluruhnya yang dirawat dari Kecamatan Junrejo mencapai 24 orang dari 7 desa.

Di Kecamatan Batu, jumlah yang menjalani perawatan seluruhnya ada 15 . Di Kecamatan Batu, tersisa  2 desa/kelurahan yang tidak ada pasien dirawat. Sedangkan junlah pasien terbanyak dari Kelurahan Temas, yakni 5 orang, dan Kelurahan Songgokerto ada 4 orang.

Dan di Kecamatan Bumiaji ada  7 pasien dirawat dari 4 desa. Sisanya ada 5 desa yang tidak ada pasien dirawat. Jumlah terbanyak, 2 pasien, dari Desa Bumiaji, Punten, dan Tulungrejo.

Untuk kasus suspek selama dua hari terakhir, juga ada tambahan. Di antaranya pada suspek ada tambahan 9 orang  sehingga totalnya 458 orang. Untuk probable berkurang satu orang menjadi 24 orang.

Lainnya,  pasien isolasi juga berkurang 14 orang menjadi 198 orang. Dan discarded ada tambahan yang signifikan, yakni 23 orang, sehingga seluruhnya 251. “Saat ini Kota Batu berada pada zona oranye atau risiko sedang,” imbuhnya. 

Baca Juga : Update Covid-19 Kota Batu Tiga Hari Landai, Kini Masuk Zona Oranye

Saat ini, kawasan zona merah atau risiko tinggi tersebar di 13 desa/kelurahan. Zona oranye ada 8 desa/kelurahan dan zona kuning di 3 desa/kelurahan.

Rinciannya, wilayah zona merah di Kecamatan Junrejo yakni Kelurahan Dadaprejo, Desa Mojorejo,  Desa Tlekung, dan Desa Pendem. Lalu di Kecamatan Batu, ada di Desa Pesanggarahan, Sumberejo, Kelurahan Songgokerto, Temas, dan Kelurahan Sisir. Dan di Kecamatan Bumiaji ada di Desa Pandanrejo, Desa Giripurno, Desa Punten, dan Desa Gunungsari. M

Zona oranye atau risiko sedang di Desa Sidomulyo, Bulukerto, Bumiaji, Sidomulyo, Kelurahan Ngaglik, Desa Beji, Tulungrejo, dan Junrejo.

Untuk zona kuning atau risiko rendah, ada  3 desa. Yakni di  Kecamatan Bumiaji ada di Desa Sumber Brantas dan Desa Sumbergondo. Kemudian di Kecamatan Junrejo, hanya di Desa Torongrejo.