Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Kasus konfirmasi positif covid-19 di Malang Raya terus mengalami peningkatan. Di Kota Malang saja, jumlah kasus positif covid-19 hingga hari ini, Rabu (16/9/2020) sudah mencapai 1.702 kasus atau bertambah 35 kasus konfirmasi positif dibanding hari sebelumnya.

Mengatasi itu, Pemerintah Kota Malang mengeluarkan kebijakan pelarangan isolasi mandiri. Seluruh kasus konfirmasi positif diharuskan untuk diisolasi di RSUD Kota Malang, RS rujukan, hingga safe house. Dengan harapan, persebaran kasus covid-19 dapat kembali ditekan.

Baca Juga : Ruang Isolasi dengan Ventilator Penuh, Kota Malang Tunggu Bantuan Alat dari Provinsi Jatim

"Ketika ada yang menolak, maka bisa bekerjasama dengan TNI/POLRI untuk bisa dibawa ke tempat isolasi," terangnya.

Sutiaji menyampaikan, dalam waktu dekat Malang Raya bahkan akan dilengkapi dengan Rumah Sakit Lapangan. Rumah Sakit itu bukan hanya diperuntukkan Kota Malang saja, melainkan juga masyarakat Kota Batu dan Kabupaten Malang.

Rencananya, Rumah Sakit Lapangan akan diletakkan di Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) di kawasan Idjen Boulevard. Pembentukan Rumah Sakit Lapangan sudah dibicarakan dan akan segera direalisasikan dalam waktu dekat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Total ada penambahan sekitar 200 tempat tidur atau bad," terangnya.

Dengan adanya penambahan tempat tidur Itu, diharapkan penanganan covid-19 akan lebih cepat. Sehingga, tidak ada lagi yang melakukan isolasi mandiri. Karena isolasi mandiri tak menutup kemungkinan menjadi klaster penularan pada keluarga.

"Kalau isolasi mandiri yang repot masyarakat dan susah kontrolnya," tambahnya lagi.

Baca Juga : Update Covid-19 Kota Batu: Angka Kumulatif Kasus Capai 335

Bukan hanya penyediaan tempat isolasi saja, Sutiaji juga menerangkan jika seluruh puskesmas selalu melakukan proses tracking. Sehingga, setiap ada kasus baru selalu tidak menutup kemungkinan ditemukan kasus baru lainnya.

"Dan kami sangat mengharapkan kedisiplinan masyarakat," katanya.

Sebagai informasi, hingga hari ini, Rabu (16/9/2020) tercatat ada 1.702 kasus konfirmasi positif covid-19 atau bertambah 35 kasus dibanding hari sebelumnya. Dengan rincian, 162 meninggal dunia, 1.136 sembuh total, dan 404 sedang dalam pemantauan. Kemudian untuk suspek total ada 2.173, dengan rincian 120 isolasi RS, 132 isolasi rumah, 80 probable, 55 probale RS, 63 probable rawat jalan, dan 1.723 discarded.