Ilustrasi. (Foto: Shutterstock).
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock).

MALANGTIMES -  Vaksin diklaim ampuh untuk mengatasi penyebaran Covid-19. Hingga kini seluruh ilmuwan di penjuru dunia tengah berlomba untuk menciptakan hal itu. Salah satu vaksin yang tengah dalam proses pengembangan di Indonesia yakni vaksin Merah Putih yang disinyalir akan menjadi satu cara untuk mengatasi pandemi ini.

Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarid menyatakan jika saat ini perihal vaksin Covid-19 Kota Malang masih menunggu hasil dari pemerintah pusat.

Baca Juga : Buntut 2 Karyawan Bank Bukopin Terjangkit Covid-19, 12 Kontak Erat Diswab Test

 

Saat ini menurutnya, proses pengembangan uji vaksin masih berada di Biofarma. Nantinya, untuk pendistribusian ke setiap daerah maka vaksin tersebut masih harus melalui BPOM untuk izin edarnya. "Iya semuanya menunggu, tidak Kota Malang saja. Jadi sekarang sudah di Biofarma untuk uji klinisnya, selesai baru ke BPOM untuk izin edarnya," jelasnya.

Lebih jauh, jika sudah didistribusikan ke setiap daerah maka mekanisme pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat akan dilakukan oleh layanan kesehatan di Kota Malang. Baik itu, yang sudah melalui penunjukan khusus ataupun layanan kesehatan yang lain.

"Tentu nanti di layanan kesehatan ya (proses distribusi ke masyarakat). Baik yang ditunjuk oleh pemerintah maupun layanan kesehatan yang lain," pungkasnya.

Baca Juga : Angka Kesembuhan Kabupaten Malang 74 Persen Lebihi Jatim, Kadinkes: Belum Berhasil

 

Sebagai informasi, target tahapan awal uji coba vaksin tersebut bisa terselesaikan di akhir tahun 2020 ini. Jika berhasil, maka berikutnya akan diformulasikan untuk uni klinis tahap I, II, dan III, baru kemudian bisa didistribusikan ke semua daerah di Indonesia.