GrabKitchen (istimewa)
GrabKitchen (istimewa)

MALANGTIMES - Grab mengumumkan ekspansi jaringan cloud kitchen ke dua kota baru di Indonesia, dengan membuka tiga GrabKitchen di Malang dan Makassar. 

Saat ini, Grab mengoperasikan jaringan cloud kitchen yang tersebar di Indonesia. Total ada 48 titik di tujuh kota yaitu Jabodetabek, Bandung, Bali, Medan, Surabaya, Malang, dan Makassar.

Baca Juga : BI Sebut Industri Kreatif Salah Satu Celah Bangkitkan Perekonomian

 

Saat ini, GrabKitchen telah bermitra dengan lebih dari 200 brand di Indonesia dimana 60 persen di antaranya adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Regional Head of GrabKitchen, Sai Alluri mengungkapkan bahwa rata-rata, mitra merchant di GrabKitchen mengalami peningkatan pesanan harian hingga 80 persen pada bulan pertama mereka bergabung dengan Grab.

“Memanfaatkan data dari aplikasi Grab serta data dari riset konsumen, kami mengidentifikasi area dengan permintaan untuk memenuhi selera konsumen yang tinggal dan bekerja di daerah tersebut,” paparnya. 

Malang menjadi salah satu dari tiga fasilitas GrabKitchen terbaru, tempatnya di Tlogomas. Ada 11 restoran di GrabKitchen Tlogomas Malang, termasuk Ayam Bakar Taliwang Sasak Tulen, Ayam Geprek Moome, Wings Me, Teman Duduk; Greenly, Mr. M4T, Kebab Bosman, Nasi Goreng 78, Pempek Farina, Pempek Bujang Tuo, dan Batagor Farina.

Dengan fitur ‘All-in-One’, pelanggan dapat memesan semua menu hidangan yang ingin mereka nikmati dari berbagai mitra merchant yang berada di satu lokasi GrabKitchen. Konsumen juga bisa menggabungkannya dalam sekali pengiriman dan pembayaran.

“Konsumen saat lebih ini sering membeli makanan secara online, artinya bisnis F&B (food and beverage) terus mempercepat digitalisasi dan memperkuat visibilitas mereka secara online," tuturnya.

Baca Juga : Coret 1,6 Juta Calon Penerima BLT Tak Sesuai Kriteria, Kemenaker Ancam Jatuhkan Sanksi

 

Sai Alluri mengungkapkan, dengan GrabKitchen, pihaknya memberdayakan usaha lokal berskala kecil dan brand-brand populer di Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka secara digital dengan investasi awal yang terbatas. 

"Ekspansi GrabKitchen ke dua kota baru ini memberi mitra merchant solusi tambahan untuk menjangkau pelanggan baru dan memberikan kenyamanan untuk para pengguna Grab,” ujar Sai Alluri.

Untuk diketahui, pertama kali diperkenalkan di Jakarta pada tahun 2018, GrabKitchen menawarkan peluang kepada mitra merchant untuk mengembangkan bisnis dengan biaya dan risiko rendah, serta akses langsung untuk menjangkau lebih banyak konsumen lewat pemanfaatan teknologi.