Peta sebaran Covid-19 di Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)
Peta sebaran Covid-19 di Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Bertambahnya kasus konfirm positif di Kota Batu membuat beberapa desa di Kota Batu naik status. Bahkan, kini tinggal tiga desa yang masih terkategori zona kuning atau risiko rendah. 

Tiga desa dengan risiko rendah itu berada di dua kecamatan. Yakni di Kecamatan Bumiaji ada di Desa Sumber Brantas dan Desa Sumbergondo. Sedangkan di Kecamatan Junrejo menyisakan Desa Torongrejo.

Baca Juga : Angka Kematian Konfirm Positif Covid-19 Sehari 2 Orang di Kota Batu, Totalnya 26

Sebelumnya pada Kamis (10/9/2020) Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji masih pada zona kuning, tetapi terlihat dari peta sebaran Covid-19 di Kota Batu Jumat (11/9/2020) masuk pada zona oranye. 

Sedangkan untuk desa/kelurahan yang lebih dahulu masuk zona oranye sebelumnya adalah Desa Sidomulyo, Oro-Oro Ombo, Bulukerto, Bumiaji, Sidomulyo, Kelurahan Ngaglik, Desa Beji, dan Junrejo.

Dan untuk wilayah zona merah berada di kawasan Kecamatan Junrejo yakni Kelurahan Dadaprejo Desa Mojorejo, Desa Tlekung, dan Desa Pendem. Kecamatan Bumiaji ada di Desa Pandanrejo, sebelumnya Desa Giripurno, Desa Punten, dan Desa Gunungsari.

Lalu di Kecamatan Batu ada di Desa Pesanggarahan, Sumberejo, Kelurahan Songgokerto, Temas, dan Kelurahan Sisir. “Naiknya status sebuah desa/kelurahan itu tentunya dilihat dari indikator,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Contohnya semula masuk pada zona kuning ke zona oranye itu karena ada penambahan kasus suspek dan kofirm Mingguan 2-5. Lalu angka kematian suspek/konfirmasi 1 atau tidak ada.

Selain itu pada Jumat ada tambahan, pasien konfirm positif sejumlah 7 orang, menambah daftar aktif menjadi 47 orang, dan akumulatif Kota Batu di angka 330. 

Baca Juga : Angka Kesembuhan Positif Covid-19 Tembus 955 Orang, Kota Malang belum Capai Standar

“Tambahannya untuk konfirm positif per Jumat itu ada 7 orang, yang sembuh 4 orang,” terangnya. 

Angka kesembuhan juga demikian ada tambahan 4 orang sehingga seluruhnya mencapai 257 orang. Sedangkan angka meninggal dunia tidak ada tambahan, masih di angka 26 orang.

Lalu untuk kasus suspek masih di angka 426 orang. Probable turun satu orang menjadi 23 orang. Untuk diisolasi ada 191 orang. Dan discarded masih 228 orang.