Gala Siswa 2019 (Kemendikbud)
Gala Siswa 2019 (Kemendikbud)

MALANGTIMES - Dengan adanya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia pada tahun 2021 mendatang Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang yakin akan banyak orang yang peduli dengan persepakbolaan nasional terlebih untuk memupuk bibit muda yang ada di daerah.

Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 membuat pemerintah juga ikut andil dalam membuat suatu gagasan untuk percepatan prestasi sepak bola. Yang terdekat, ada Liga Pelajar Piala Presiden yang rencananya akan digelar pada awal tahun 2021 mendatang.

Baca Juga : Demi Prestasi, Disporapar Mulai Pantau Atlet Usia Dini

Disporapar Kota Malang menyebut, event tersebut sangat bagus untuk menjaring bibit pesepakbola muda yang ada di Bhumi Arema. Namun hal itu tidak akan bisa terselenggara bagus jika tidak ada tangan yang peduli kepada sepak bola usia dini.

"Untuk sponsor masih belum, tapi kami akan coba merangkul teman-teman yang peduli dengan sepakbola. Karena kami akan mengangkat sepakbola di Malang Kota menjadi terkenal seperti tahun-tahun sebelumnya," ujar Plt Sekretaris Disporapar Kota Malang, Eko Syah.

Bahkan, Eko Syah menargetkan nantinya ada satu tim yang bisa orbit hingga level nasional. "Saya memang menghendaki nanti ada satu tim yang ada di level nasional dari liga siswa," harapnya.

Untuk persiapannya sendiri, Eko mengaku saat ini sudah mulai menata mulai dari persiapan lapangan hingga membicarakan hal itu kepada para pelaku sepak bola dalam hal ini di internal Askot PSSI Kota Malang.

Baca Juga : Ronald Koeman Incar Pemain-Pemain Andalan Timnas Belanda ke Barcelona

"Penyelenggara kita tidak dalam waktu dekat ini, ini Liga 1 sudah dimulai bulan Oktober, mestinya kita di atas bulan itu atau awal tahun dan pandemi sudah turun. Kalau lapangannya banyak, kita punya 26 lapangan di Malang Kota, tapi SSB yang ada di wilayah tersebut bisa latihan, sudah mulai prepare semua," paparnya.