Disporapar Siap Gelar Liga Pelajar Piala Presiden, Berharap Pandemi Covid Segera Usai

Sep 07, 2020 20:52
Sepak bola usia dini (Kompas.com)
Sepak bola usia dini (Kompas.com)

MALANGTIMES - Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) berharap pandemi covid-19 cepat usai, agar Liga Pelajar Piala Presiden bisa diselenggarakan pada awal tahun 2021.

Hal itu juga sejalan dengan upaya percepatan pembangunan sepak bola di Indonesia yang terus menggenjot sejak usia dini. Salah satunya melalui turnamen bertajuk Liga Pelajar Piala Presiden. Untuk percepatan persebakbolaan nasional itu Presiden Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

Baca Juga : AC Milan Disebut Siap Jadi Tim Penampung Gareth Bale

Dalam Inpres tersebut menyebutkan setiap kota nantinya akan menggelar turnamen. Diharapkan dari turnamen itu akan muncul bibit pesepakbola yang akan menjadi penerus bintang sepak bola Tanah Air.

Di Kota Malang sendiri saat ini masih berkutat dengan penanganan covid-19 yang tak kunjung usai, Disporapar berharap wabah tersebut bisa usai dan kegiatan di tahun 2021 bisa terlaksana dengan baik agar Inpres Nomor 3 Tahun 2019 bisa segera ditindaklanjuti.

"Penyelenggaraan kita tidak dalam waktu dekat ini, ini Liga 1 sudah dimulai bulan Oktober, mestinya kita di atas bulan itu. Kemungkinan awal tahun, saat pandemi sudah turun dan kalau di Malang Kota sudah hijau," harap Plt Sekretaris Disporapar Kota Malang, Eko Syah.

Sementara itu, Eko Syah mengaku tak khawatir jika menyelenggarakan Liga Pelatih Piala Presiden, karena Kota Malang memiliki venue yang cukup banyak, sehingga mampu menggelar pertandingan meski pesertanya juga banyak. "Kalau lapangannya banyak, kita punya 26 lapangan di Malang Kota, tapi SSB yang ada di wilayah tersebut bisa latihan, sudah mulai prepare semua," kata Eko Syah.

Dalam hal ini, Eko Syah berharap dukungan dari pencinta sepakbola Kota Malang. Karena membangun sepak bola mulai usia dini memerlukan kerja sama dari berbagai pihak baik dari pemerintahan maupun swasta.

Baca Juga : Manchester United Ganggu Liverpool Buru Thiago Alcantara

"Saatnya masyarakat atau pencinta sepakbola yang ada di Malang Kota kita bersama-sama menyamakan persepsi dan misi bagaimana membawa sepakbola Malang, dan saat ini mulai dari usia dini sudah mulai kita genjot. Sekarang kami akan coba merangkul teman-teman yang peduli dengan sepakbola," pungkasnya.

 

Topik
Disporapar Kota MalangCovid 19 di Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru