Salah satu spot foto yang dibuat oleh Mahasiswa KKN Kelompok 40 di kawasan Wisata Hutan Cemara (Ist)
Salah satu spot foto yang dibuat oleh Mahasiswa KKN Kelompok 40 di kawasan Wisata Hutan Cemara (Ist)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) berkiprah nyata dalam pengabdian masyarakat sebagai wujud pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satunya seperti yang dilakukan Kelompok KKN 40 di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Di sana para mahasiswa dari Kampus Multikultural tersebut membantu masyarakat dalam memaksimalkan potensi wisata guna memperelok dan menggaet para wisatawan untuk semakin tertarik berkunjung ke kawasan wisata Hutan Cemara.

Baca Juga : Tempat Wisata Baru Belum Terjamah, Ini Langkah Disparbud Kabupaten Malang

 

Upaya tersebut, dilakukan para mahasiswa KKN Unikama di bawah Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Dr. Teguh Sulistyo, M.Pd dengan melakukan langkah membuat sebuah daya tarik dari wisata Hutan Cemara dengan pembuatan Spot foto Selfie.

Ketua Kelompok KKN 40, Maniati Bulu, menjelaskan, adanya penambahan Spot foto lantaran memang melihat kebiasaan kaum milenial yang saat ini selaku mengabadikan momen mereka ketika berada di suatu tempat. Sehingga dengan pembuatan Spot foto yang menarik, tentunya diharapkan bisa menjadi daya tarik mereka untuk berkunjung kembali ke lokasi wisata Hutan Cemara.

“Saat ini Spot foto banyak digandrungi oleh kalangan muda. Kemana-mana pasti mereka menyempatkan untuk Selfie. Dengan adanya Spot foto ini pasti menarik para pengunjung khususnya kalangan muda untuk datang ke wisata hutan cemara,” tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika adanya Spot foto semakin menambah daya tarik wisata Hutan Cemara, tentunya lokasi wisata Hutan Cemara akan semakin dikenal luas. Hal itu tentu berimbas juga pada sektor perekonomian masyarakat sekitar, di mana bisa memanfaatkan banyaknya kunjungan untuk menjual produk oleh-oleh khas daerah tersebut.

“Kami kelompok 40 berinisiatif untuk membuat Spot foto agar wisata hutan cemara lebih indah dan menarik untuk dikunjungi. Harapan kami kepada masyarakat Desa Pujiharjo untuk tetap menjaga dan melestarikan wisata hutan cemara dengan baik,” tambahnya.

Baca Juga : Bromo Dibersihkan Kemenparekraf, Suku Tengger: Leluhur Kami Akan Senang

 

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Pujiharjo Hendik Arso Hadi Winulyo S.H, begitu mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Kelompok 40 ini untuk memperindah DNA memaksimalkan potensi wisata di daerahnya.

“Terima kasih telah membantu masyarakat desa untuk membuat spot foto agar wisata hutan cemara ini menjadi lebih indah. Kami akan menjaga dan merawat apa yang telah diberikan oleh mahasiswa KKN Unikama,” pungkasnya.